Tips Berangkat Haji #2

Alhamdulillah hari ini sudah 3 hari menuju keberangkatan Haji…

Yuk, Kita lanjutkan apa saya yang menjadi tips keberangkatan haji.

1. Cek kesehatan
Kesehatan ini menjadi bagian penting dalam proses ibadah haji. Kemungkinan karena memang banyak orang-orang yang berusia lanjut akan menjalani ibadah selama 40 hari, tentu membutuhkan perhatian khusus terutama masalah kesehatan. Prosedur terkait kesehatan dalam Haji menurut saya cukup ketat. Sampai di Puskemas (pondok bambu) disiapkan ruangan khusus untuk calon Jemaah Haji.

Tiap jemaah haji akan di tes darah dan urin lengkap. Di periksa ronsen, sampai mendapat penyuluhan kesehatan lho!. Sayang teori yang dipakai masih teori pola makan dimana karbo harus menjadi sumber pangan utama.

Ketika di tes alhamdulillah semua lab saya normal, kecuali berat badan yang overweight dan kolesterol tinggi, alhamdulillah setelah 2 bulan menjalani diet tinggi lemak berat badan ketika berangkat haji turun 5 kg. Kolesterol untuk saya pribadi bukan parameter. Doakan semoga selama perjalanan nanti makin sehat dan berenergi yaaaa…..

2. Kegiatan Manasik
Awal mendapat info berangkat haji ini saya tanya pada istri, “bagaimana kalau kita haji mandiri saja?”. Mandiri artinya kita tetap memiliki kelompok / regu / rombongan, tapi berdasarkan kelompok besarnya. Disana sudah disiapkan juga pembimbing ibadah, 1 pembimbing akan menangani sekitar 350an jamaah…

Nah, karena ini pengalaman kami pertama, akhirnya diputuskan bergabung dengan yayasan bimbingan haji. Kita mengeluarkan tambahan biaya 3,5 jt per orang untuk mendapatkan tambahan bimbingan manasik sekitar 7-10x, dan mendapat bantuan lain seperti pengurusan dengan depag, pengambilan perlengkapan, pengambilan koper, dan sebagainya. Kelompok kami di bawah pimpinan pak Haji Ali Ansori (pondok bambu) bergabung 43 orang, alhamdulillah pembimbingnya juga ikut berhaji.

Bergabung di yayasan seperti ini banyak membantu kita untuk persiapan berangkat, terutama komunikasi via whatsapp group yang aktif saling mengingatkan. Disini interaksi kita sebelum berangkat semakin akrab, sehingga tidak terlalu canggung ketika bersama-sama ketika ibadah nantinya.

3. Suntik meningitis

Setelah mendapat info dari depaq / yayasan, kita akan mendapat jadwal suntik meningitis. Kenapa ini sangat urgent dan penting? menurut beberapa referensi, suhu di tempat kita berhaji akan cukup extrem, sehingga kita perlu mengantisipasi dengan vaksin ini. Pastikan juga bertanya kepada petugas di puskesmas apakah vaksin yang digunakan telah tersertifikasi halal.

4. Ratiban

Mohon di koreksi jika salah. Ini adalah selametan, atau doa bersama sebelum berangkat haji. Dalam masyarakat Indonesia haji ini adalah ibadah yang cukup berat, sehingga dengan berdoa bersama sebelum berangkat ini insyaallah akan menguatkan bagi yang akan berangkat haji, serta memberikan semangat juga bagi yang belum haji untuk segera berhaji.

Di kegiatan ini saya berusaha mencari tips-tips ringan kepada yang sudah pernah haji atau umrah hal-hal apa yang perlu kita persiapkan. Misal sandal, pakaian, perlu bawa apa saja. Serta menggali pengalaman ketika ibadah mulai menggunakan ihram, thawaf, sai, sampai nanti di puncak ibadah haji di arofah.

5. Doa yang penting untuk dihapalkan
Idealnya memang kita bisa menghapal semua doa-doa dalam ritual haji. Dari yayasan dan pemerintah juga sudah membekali dengan buku panduan yang digantung agar mudah dibawa.

sebagai tips, agar ibadah haji ini lebih nyaman, ada 3 doa yang sebaiknya dihapalkan yaitu :

A. Doa masuk masjid
Allaahumma antas salaamu waminas salaamu wailaika ya’uudus salaamu fahayyinaa rabbanaa bis-salaami wa-adkhilnal jannata daaras salaami tabaarakta rabbanaa wata’aalaita yaa dzal jalaali wal-ikraami. Allaahummaftah lii abwaaba rahmatika. Bismillaahi walhamdu lillaahi wash-shalaatu was-salaamu ‘alaa rasuulillaahi.

B. Doa melihat kabah
ALLAHUMMA ZID HAAZAL BAITA TASYRIIFAN WATA’ZIIMAN WATAKRIIMAN WAMAHAABATAN. WAZID MAN SYARROFAHU WA ‘ADZ-DZOMAHU WA KARROMAHU MIMMAN HAJJAHU AWI’TAMAROHU TASYRIIFAN WA TA’ZIIMAN WA TAKRIIMAN WABIRRON.

C. Doa minum air zam zam
ALLAHUMMA INNII AS ALUKA ‘ILMAN NAAFI’AN WA RIZQON WAASI’AN WASYIFAA AN MIN KULLI DAA IN

Okay, saya mau siapin dulu perlengkapan berangkat haji ya…
nanti kita sambung ke tulisan berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s