Tips Berangkat Haji #1

Assalamualaikum…

Alhamdulillah akhirnya salah satu goal / proposal hidup yang saya buat tercapai juga. Walau kala itu berharap berangkat tahun 2014, tapi ternyata Allah menyiapkan skenario terbaiknya. Anak sudah besar, tim sudah lebih lengkap dan kompak, sehingga ibadah insyaallah lebih khusuk. aminnnnn…

Tulisan ini nantinya akan terbagi menjadi beberapa bagian, karena insyaallah saya baru akan masuk asrama haji pada tanggal 23 Agustus 2016 (10 hari lagi). Saya hanya akan sharing pengalaman pribadi, apa yang saya lakukan, apa yang saya kerjakan, insyaallah.

Okay untuk tips ini kita mulai yaaa…

1. Niat. Mulai dari hati yang paling dalam, lupakan caranya. Cukup NIAT
2. Tulis Niat. Kata para ahli, jika kita menuliskan goal kita, maka akan lebih mudah dan cepat tercapainya. Saya pribadi sudah membuat goal tiap tahun, dan salah satu goal saya memang berangkat haji. Di tulis, diberi gambar (agar lebih emosional), kalau perlu di lihat setiap hari
3. Buka tabungan haji. Cukup setor sekitar 500rb saja. Baiknya di bank syariah langsung, agar urusan administrasi dan sebagainya nanti lebih mudah.
4. Konsisten menabung. Jika ada kelebihan rejeki, segera tabung jangan di tunda. Untuk mendapatkan porsi haji membutuhkan dana sekitar 25jt. Jika saat ini sudah ada segera saja masukkan di tabungan haji.
5. Jika sudah terkumpul 25jt, minta kepada pihak bank untuk mendaftar / setor ke depag. Kalau saya dulu ke depag dulu, dengan membawa buku tabungan. Nanti kita akan diminta mengisi beberapa formulir, termasuk foto, dan dokumen lain untuk pendaftaran haji. Bagian ini saya agak lupa, karena sudah 6 tahun yang lalu…

-> ternyata bagian pendaftaran ini sudah saya tulis di blog ini. cek : https://annasahmad.wordpress.com/2010/12/30/mari-berhaji/

6. Setelah daftar, kita akan mendapatkan no porsi, atau nomor antrian. No ini bisa kita cek secara online untuk memprediksi kapan kemungkinan kita akan berangkat haji. Bisa 5 tahun lagi, 10 tahun, 15 tahun, bahkan bisa 20 tahun lagi.
7. Cara cek secara online bisa dilihat di artikel : https://annasahmad.wordpress.com/2013/03/26/berangkat-haji-tahun-berapa/
8. Install aplikasi haji pintar di android, disana juga bisa mendapatkan info estimasi keberangkatan haji
9. Menunggu. Sabar sampai jadwal haji kita sampai. data waiting list tiap daerah bisa di cek di : link depag

10. Nah jika jadwal estimasi keberangkatan sudah dekat, kita bisa cek ke depag setempat. Atau biasanya masjid / ustadz di sekitar kita akan menghubungi kita, karena mereka umumnya akan diinfo siapa saja di kelurahan, area RW, ataupun RT siapa saja yang sudah masuk di porsi haji
10. Sekitar 1 tahun sebelum keberangkatan bisa mulai manasik. Bisa via yayasan, ataupun mandiri. Mandiri artinya kelompok dan regu akan mengikuti pemerintah. Jika gabung yayasan, digabung bersama yayasan.
11. Setelah ada kepastian kita berangkat, bisa di cek juga di online.

Pilih ikut haji mandiri atau yayasan?
Nah pilihan ini tergantung teman-teman juga. Saya pribadi belum pernah umrah sebelumnya, lalu melihat manasik yang diadakan pemerintah tahun ini relatif terlambat (menurut saya), sehingga akhirnya memutuskan bergabung bersama yayasan. Biaya haji melalui yayasan ini ditetapkan pemerintah kok, yaitu 3,5 jt (tahun 2016). Selain itu kelebihan di yayasan, biasanya ada guru/ustadz yang lebih intens membimbing, dan kita juga bisa mendapatkan teman-teman baru yang nanti akan berangkat bersama.

Pemerintah juga mengadakan manasik, cuma saya sendiri merasakan komunikasi dan informasi dengan pemerintah ini relatif lambat. Kembali ke pilihan calon jemaah ya….

Tinggalkan Balasan

