International Sourching Programme #mihas2016

Baca juga : New day #mihas2016

Harus diakui Pemerintah Malaysia cukup cerdas dalam hal branding. Bagaimana mihas yang sudah diadakan 13x, setahun sekali masih terus dilakukan hingga kini. Istiqomah. Dan tentu biaya yang harus dikeluarkan pasti cukup besar. Tahun ini mayoritas buyer didatangkan dari china, korea, jepang, dan negara-negara timur tengah. Dari Eropa dan Amerika jauh berkurang. Dan dari Indonesia pun di pangkas.

Matrade menyeleksi dengan ketat karena budget juga dibatasi. Total ada sekitar 500-an pengusaha hadir di event International Sourching Programme ini. Di event ini, peserta akan mendapatkan 1 meja, yang akan menerima supplier dari perusahaan Malaysia (rata-rata SME) untuk menawarkan produk maupun kerjasama bisnis.

international sourching progammeKolaborasi
Program semacam ini tidak sekedar networking. Tapi kesempatan untuk belajar. Kita bisa melihat bisnis apa yang potensial, mana yang sedang trend naik, mana yang sedang turun, bagaimana bisnis bekerja dengan lebih efektif dan efisien. Kita juga banyak kesempatan bertukar pikiran tentang bisnis model, produk market fit, marketing strategy yang terkini.

Setelah mengikuti program ini saya juga merasa memiliki skill lebih baik untuk diskusi bisnis. Melihat dari kacamata yang berbeda, menggali informasi secara mendalam dan melihat lebih netral. Dengan teknik “rahasia” kita juga bisa mendapatkan hal-hal baru yang selama ini mungkin masih menjadi asumsi, atau masih menjadi angan-angan saja.

meetingMemilah dan memilih
Dalam sebuah perjalanan, dipastikan akan banyak hal-hal yang terduga. Kadang kita menganggap nya sebagai masalah, atau peluang. Semuanya kembali ke respon kita. Saat ini saya memilih perjalanan mihas di 2016 sebagai pause time. Menguji bagaimana saya bisa meninggalkan bisnis kita, tapi tetap bisa terkontrol. Terima kasih kepada tim saya, dan tentu teknologi (internet, cctv, my app, internet banking, whatsapp, dll) yang membuat bisnis tetap terkendali secara remote.

Pilah perusahaan mana, atau orang-orang mana yang bisa menjadi nilai tambah dan faktor kali. Temui orang baru di hotel, jalanan, tempat makan, kereta, bis, dan buatlah persahabatan baru.

Suatu saat kita akan melihat banyak peluang bisnis ini dan itu. Tapi pastikan semuanya bisa menjadi jalan yang tepat untuk menuju goals kita. Melihat peluang-peluang baru saya manfaatkan untuk mengasah intuisi dan skill bisnis saya, dan pastikan tetap sejalan dengan rencana yang sudah kita buat dari awal tahun.

lanjutan : pameran mihas KLCC

4 pemikiran pada “International Sourching Programme #mihas2016

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s