Bagaimana Paket Toko Online- Mu Dikirim ke Pelanggan?

MemberiID secara rutin mengadakan kelas inspirasi, dimana teman-teman pengusaha dan startup diajak masuk ke dalam proses bisnis perusahaan besar. Kali ini kita mengunjungi JNE!

JNEe

Buat saya pribadi undangan mas yuswohadi mengunjungi JNE memang merupakan bagian penting dari bisnis, terutama Online Shop. Sebuah toko online (online shop) tentu tak akan bisa lepas dari aspek logistik dan pengiriman barang ke konsumen. Ketika konsumen telah memesan produk melalui toko online Anda, maka pesanan tersebut akan dieksekusi melalui serangkaian proses supply-chain yang kemudian berujung pada pengiriman barang (delivery) ke alamat konsumen.

Insight Penting

Saat ini JNE memiliki 12.000 karyawan di seluruh Indonesia. Untuk pelayanan pickup mereka membentuk keagenan, tapi pengiriman dihandle secara mandiri. Per tahun 2012, kiriman paket per bulan telah mencapai 10 juta paket per bulan.

sehingga rate service mereka adalah :
833 paket / orang / bulan
27 paket / orang / hari

sedangkan kecepatan delivery untuk motorist adalah 60-70 paket tiap harinya.

Di JNE memiliki warehouse dengan luas 2000 m2 yang dapat mensortir paket dengan kecepatan 8000 paket per jam.

Kerjasama

Saat ini JNE sangat peduli dengan produk pengusaha kecil – menengah sehingga ikut memasarkan produk UKM melalui program pesona, dan terbukti cukup sukses. Misal produk pempek dari palembang kiriman bisa mencapai 4000 kg dalam 1 minggu! keren kan…

Saat ini saya juga diminta menjadi hub untuk layanan JNE logistic, yang memungkinkan UKM menggunakan gudang dan layanan logistik secara lengkap milik JNE. Bayangkan, pemilik bisnis online tidak perlu lagi stock barang, punya karyawan gudang, karyawan packing. Masalah stock, penyimpanan barang, packing, pengiriman barang semua bisa di outsource ke JNE dengan biaya per produk terjual saja!

Kedepan JNE akan masuk ke negara-negara ASEAN, dan mari bersiap UKM Indonesia Go Global beneran!

Menarik, selain distribusi lebih luas, lebih hemat karena akhirnya beban itu bisa menjadi variable cost, bukan fix cost. So, jika teman-teman tertarik juga dengan layanan ini, silahkan tinggalkan pesan di bagian komentar.

Satu pemikiran pada “Bagaimana Paket Toko Online- Mu Dikirim ke Pelanggan?

  1. Awesome kelas teknis, insha Allah jadi.titik balik saya menuju omset 5 milyar perbulan.Amin!
    Terima kasih mas Anas ilmu bermanfaatnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s