7 Ide Passive Income yang bisa Anda Coba

Kemaren saya mengevaluasi lagi rapor financial 2016.
Kegiatan ini salah satunya di inspirasi juga oleh robert kiyosaki dengan membuat self financial statement yang dievaluasi setiap bulan… (hehehe.. kalau saya tiap tahun aja deh) termasuk passive income

profit-loss-statement-robert-kiyosaki

model sederhana-nya seperti diatas.
sebelum membuatnya, kita harus paham benar apa itu beda aset dan liabilitis.

Ada yang bilang mobil itu aset. Ada yang bilang tanah itu aset. Ada yang bilang beli apartemen itu beli aset.

Tapi ternyata semua-nya SALAH.
kita sering berpikir berinvestasi membeli asset, ternyata kita membeli liabilitas!

trus apa dong bedanya?
“An Asset is something that puts money in my pocket.
A Liability is something that takes money out of my pocket.”

simple.

Saya sudah kenal konsep diatas sejak kuliah, sebelumnya hanya dari buku rich dan poordad, ditambah lagi ketika teman saya seorang leader MLM terkenal menawari saja join dengan iming-iming passive income, atau aset. Tapi kenyataannya tidak sesuai dengan harapan. Itu adalah pelajaran berharga, karena ketika join dengan model express, yang membuat saya mengeluarkan lebih dari separo tabungan saat itu…

tidak ada yang di sesali, karena itu adalah biaya belajar.

Tiga tahun terakhir ini saya juga membuat goal tentang passive income. Ternyata memang tidak mudah. Ada pasive income yang kadang ada, tapi tiba-tiba ilang. Ada ratusan cara mendapatkan passive income yang bisa Anda cari di Internet, tapi tetap, Anda harus mencobanya dan membuktikan apakah cara itu berhasil dan cocok untuk Anda.

Dunia telah berubah drastis dengan semakin hebatnya teknologi digital. Banyak sekali peluang-peluang bisnis yang muncul, termasuk menjadikan asset digital sebagai passive income. Ini ada 7 ide yang bisa Anda coba untuk menghasilkan passive income.

1. Ilmu investasi
Sebelumm masuk berinvestasi dengan uang, pastikan Anda sudah berinvestasi lebih dulu ilmunya. Anda bisa berinvestasi dengan uang, seperti ikut seminar, beli buku, ikut workshop, bayar konsultan atau investasi dengan networking, silaturahmi ke orang-orang yang Anda anggap sukses dalam berinvestasi, atau juga investasi dengan waktu, misalnya bekerja ke bidang yang berhubungan dengan investasi, atau menyediakan waktu untuk mencari dan mengumpulkan informasi yang tersebar di internet.

2. Property yang disewakan
Hari ini property masih menjadi primadona investasi. Kenapa, karena property itu memiliki 2 mata uang. Artinya bisa menghasilkan passive income, yaitu cashflow harian, mingguan, bulanan, tahunan. Dan juga memiliki capital gain. Artinya nilainya yang selalu meningkat setiap tahunnya (hmmm.. bener nih??? -> ternyata tidak juga sih, karena jawabnya juga tergantung. Salah beli property juga bisa fatal. Misal salah beli lokasi, beli di harga yang salah, tidak memahami legalitas, dan banyak lainnya. Oh ya, saat ini saya juga menyewakan via airbnb, aplikasi yang dapat membantu Anda mendapatkan penghasilkan dari “kamar kosong” di rumah. KLIK disini mengenai AIRBNB, kapan2 akan saya bahas lebih detail.

3. Membangun bisnis
Bisnis adalah mesin uang terbaik. Dan tentu membangun bisnis yang kuat dan besar membutuhkan waktu dan proses. Era internet merubah bisnis menjadi lebih cepat sukses dengan modal minimal. Bangun bisnis dengan mengenali trend dan menggunakan bantuan social media membuat kecepatan bisnis sangat-sangat cepat. Kini banyak anak SMA atau masih kuliah sudah menghasilkan jutaan rupiah dari bisnis. Selanjutnya adalah membangun tim, dan sistem kontrol. Sehingga bisnis dapat berjalan.

4. Membangun Aset Social Media
Masih ingat jaman twitter berjaya sekitar 3 tahun yang lalu. 1 tweet bisa dihargai 10-20 juta! luar biasa ya. Inilah asset digital. di era saat ini semua orang punya kesempatan membangun “harta karun” di internet dengan cara gratis. Buka akun fb gratis, bikin instagram gratis, tapi Anda bisa menjualnya dengan harga yang sangat mahal dan ada yang mau beli. Tapi Anda juga harus tahu, asset digital cepatlah berubah. Bagaimana friensters akhirnya tutup, twitter sudah tidak seheboh dulu, tapi di sisi lain ada social media lain yang naik daun misal youtube. Jika Anda saat ini jago bikin video pendek, lalu bisa membuat konten viral, punya jutaan viewer dan subscriber itu bisa menjadi asset. Video youtube Anda juga bisa di tambahi muatan iklan adsense. Saya sudah coba teknik ini dan lumayan dalam 1 tahun bisa menghasilkan USD 57.

5. Deviden dari saham
Saya belum melakukan ini, walau kemaren sempat minta bantuan salah satu konsultan untuk mencari saham-saham mana yang bisa diinvestasikan untuk mendapatkan devidennya. Membeli saham untuk di beli dan jual, atau trading kurang cocok buat saya.

pohon uang6. Menulis buku, royalti, dan affiliasi
Ini menarik, karena di era digital ini banyak perubahan terutama buku dan musik. Tapi bukan tidak mungkin mendapatkan penghasilan lho, karena ada istilah lain membangun afiliasi. Anda bisa membangun afiliasi dari produk yang Anda buat, dan sekaligus bisa memasarkan juga produk orang lain yang bersedia berbagi komisi. Royalti bagi banyak penulis, terutama yang pemula sudah tidak menarik lagi. Kebanyakan sekarang melakukan self publishing dan marketing melalui social media

7. Membangun Aset Digital
Bangun website. Anda bisa memasang iklan adsense, atau menyewakan halaman Anda untuk orang lain beriklan.
Bangun apps. Salah satu apps yang paling banyak mendapatkan income adalah game.
Bangun kursus online. Anda pasti memiliki skill yang belum tentu orang lain jago. Anda bisa membuat kursus online tanpa harus ribet membangun website sendiri. Situs seperti udemy akan membantu kita untuk mendapatkan penghasilan dari kursus yang kita buat.

Anda tidak perlu mencoba semua-nya… walau cuma 7 ya… hehehe…
karena detail aktivitasnya bisa ratusan lho.

So pilih saja 1-2 saja,
tapi lakukan dengan sungguh-sungguh sampai berhasil.

bahasa kerennya

FOCUS
Follow One Course Until Successful

selamat mencoba,
jika Anda menikmati tulisan ini, silahkan SHARE di facebook dan twitter.

2 pemikiran pada “7 Ide Passive Income yang bisa Anda Coba

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s