4 Kesalahan Dalam Menyusun GOAL

Tiap akhir tahun, selalu seru untuk membuat resolusi tahun baru ya… Beberapa orang mungkin bosan, karena goal yang ditetapkan selalu gagal, dan mereka selalu mengulangi lagi kesalahannya sehingga suatu saat akan putus asa.

Akhirnya tidak mau, atau tidak berani lagi menyusun GOAL😛

Menarik, karena ternyata selama ini kita banyak belajar bahwa menyusun goal harusnya SMART, yaitu :

  • Specific
  • Measurable
  • Attainable
  • Realistic
  • Timely

Nah, ada yang kurang perhatian, bahwa ada 4 kesalahan yang juga penting diperhatikan ketika menyusun goal :

goal

1. Too BIG
Artinya banyak kita mengharapkan hal yang besar dalam waktu singkat. Padahal kita belajar berenang juga perlu proses. Kadang ketelen air, kadang deg-degan hampir kelelep. Pastikan Goal kita itu big enough. Artinya cukup realistis dicapai. Small goal – small goal akan membuat langkah big goal kita tercapai

2. Too MANY
Kita mau-nya selalu banyak, ini dan itu. Dulu saya penganut banyak goal. Sampai bikin 30 Goal lho! Tapi dengan kita lebih fokus maksimal 4 goal dalam 1 tahun akan membuat kita lebih bahagia dan menikmati perjalanan pencapaiannya. Pilih yang benar-benar Anda inginkan.

3. Not Specific
Sering kita hanya berkata mau uang yang banyak. Mau penjualan yang banyak. Tapi tidak pernah percaya diri untuk menentukan berapa yang sebenarnya kita mau. Beranikan menyebut angka. Misal saya mau tabungan saya 100 juta. Saya mau beli ruko untuk bisnis saya senilai 3 M di daerah raden inten misalnya.

4. Not Written
Manusia adalah tempatnya lupa. Jika kita tidak menuliskan, maka akan dengan mudah kita melupakannya. Sehingga luangkan 5 menit untuk menulis GOAL Anda. Saya selalu membuatnya dalam bentuk presentasi PPT dan di upload di google drive. Ini akan memudahkan kita mengevaluasi sudah sejauh mana GOAL yang kita tetapkan tercapai.

Do have FUN.
GOAL haruslah selalu membuat setiap pagi kita bergairah!

Mau Seperti Reisa?

“Thanks to @oilrookiejkt for the VICO oil yg bagus banget. Selain bisa dipakai langsung, aman utk kulit bisa jg dipakai utk melindungi kulit sensitif kalau lagi mau oles minyak EO.
Reisabrotoasmoro, Host dr. OZ Indonesia

raisa vico bagoesemailmataharimall

8 pemikiran pada “4 Kesalahan Dalam Menyusun GOAL

      1. mulai dari yg paling simpel. jgn yg terlalu susah krn klo diawal udah gagal, ntar jadi males melanjutkan krn mutung. instead of having goal like : “Olahraga 4x seminggu”, cobalah yg lbh mudah seperti : “Mengurangi asupan gula pasir tiap harinya, dari 2 cangkir teh menjadi cuma 1”

  1. Masukan yg luar biasa pak anas…diingatkan kembali…kadang kita lupa goal yg sdh kita buat sendiri krn bgitu banyak rintangan yg kita hadapi dlm membangun bisnis…izin share..kayaknya.sy perlu choacing khusus ni….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s