Growth Hacking

PS. wah ternyata udah lama banget blog ini gak diisi lagi ya…
semoga pembaca setia tetap menantikan artikel terbaru ya… 😀

walaupun update terakhir di bulan februari 2015, ternyata visitornya masih bertahan lebih dari 100 per hari lho! Not bad!

imagesSaat ini saya lagi getol belajar growth hacking. Atau bahasa sederhananya adalah perpaduan antara marketing, data, dan programming. Seru banget karena dengan menggunakan konsep ini kita bisa menjadikan online sebagai mesin bisnis yang mudah dianalisa dan menjadikan bisnis kita sustain dalam jangka waktu yang panjang.

Jika kita bicara startup banyak kita melihat bisnis yang bersifat digital, tapi jika kita bisa mengkombinasikan bisnis apapun dengan internet, maka peluang membesarkan bisnis dengan growth hacking sangat terbuka lebar.

Tulisan kali ini akan menjelaskan secara sederhana 3 poin besar growth hacking yang bisa kita manfaatkan untuk membesarkan bisnis online yang kita bangun. Bisa toko online, bisa jual produk fisik serta digital, ataupun jasa. Pastikan kamu membacanya sampai selesai ya…

1. Kuncinya sales funnel

Memahami proses bagaimana perjalanan target market, lead, prospek, kemudian menjadi konsumen, hingga menjadi pelanggan harusnya dipahami sebelum masuk ke tingkat yang lebih tinggi. Hari ini eranya konsumen, sehingga bukan pemilik produk yang memaksakan mejual produknya, tapi sebaliknya konsumenlah yang menentukan produk apa yang mereka beli.

Kini mulailah dari kertas kosong. Buatlah customer persona. Berdasarkan produk yang Kamu miliki sekarang, pilihkan segmen market mana yang dituju. Semakin spesifik semakin bagus.

Selanjutnya buatlah aliran yang bisa menggambarkan bagaimana seseorang akhirnya memutuskan membeli sebuah produk atau jasa yang kamu tawarkan

Growth Hack dibagi dalam empat kategori :
Akuisisi: Bagaimana untuk mendapatkan lead dari pelanggan potensial dengan cara yang paling efisien.
Konversi: Cara mengkonversi prospek menjadi pengguna.
Retensi: Bagaimana untuk memastikan pengguna terus menggunakan layanan.
Pendapatan: Bagaimana untuk menghasilkan pendapatan dengan cara yang paling berkelanjutan.

2. Analisa Data

Tahapan berikutnya adalah bermain dengan data. Dengan data yang dimiliki saat ini, coba validasi apakah benar customer persona yang dibuat dengan realitanya. Kamu bisa mencoba menggabungkan antara data newsletter subscriber dengan facebook melalui pixel audience.

Selanjutnya mulai memilih dan memilah customer ABCD, konsumen mana sih yang secara hubungan sangat baik, dan tentu menghasilkan penjualan. Konsumen mana yang hubungan tidak baik, tapi penjualan tetap bagus, dan sebagainya. Buatlah 4 kuadran untuk memetakan konsumen.

Behavior analysis. Dari mana konsumen tahu produk dan jasa kamu? lalu ketika mengambil keputusan pembelian, faktor terbesar apa yang menjadi dasar pemilihan sebuah transaksi. Contoh dari data tripadvisor.com ternyata booking yang dilakukan ternyata dikarenakan layanan : free wifi 55%, free breakfast 45%, bigger bathroom 25%. Nah, jika kamu mau membangun sebuah hotel tentu data ini sangat bermakna.

Hal lain yang bisa dilihat misal untuk optimasi social media : jenis konten, hari posting, jam posting, media yang digunakan (foto, artikel, video). Tentu parameter like, comment, dan share menjadi KPI penting dari aktivitas ini.

3. Programming

Next adalah bagaimana kita bisa memanfaatkan programming dari website kita untuk mengoptimalkan sales funnel yang dibangun. Bagaimana bisa mendapatkan traffic (yang tertarget tentunya) agar bersedia mampir ke web. Lalu bagaimana mereka bisa berlama-lama, dan membaca banyak artikel yang disajikan. Lalu bagaimana kita bisa mendapatkan email/kontak mereka, misal dengan menawarkan free ebook. Selanjutnya membangun tripwire ataupun program trial. Apakah mereka bersedia mengeluarkan sedikit uang untuk mendapatkan value yang kamu tawarkan.

Nah setelah itu sebenarnya Kamu bisa menawarkan produk utama. Dan bisa ditambahkan dengan upsell dan cross sell untuk profit optimizer.

Dalam dunia bisnis online, hal tersebut sangatlah mungkin dilakukan. Apalagi teknologi gadget begitu luar biasa, dan jam penggunaan aplikasi per orang sangat tinggi kan…

Ini adalah kesempatan untuk meningkatkan jumlah user, jumlah konsumen, jumlah pelanggan dengan cara yang cepat. Yuk di praktekkan segera.

Tinggalkan komentar Kamu dan yuk kita diskusikan apa yang bisa Kamu lakukan untuk bisnis Kamu!

Iklan

2 pemikiran pada “Growth Hacking

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s