Menabung Membuat Anda Miskin!

Kisah ini pernah juga diangkat dalam tulisan dilarang menabung.

Tentu kita semua punya tabungan. Baik tabungan di celengan, atau dibawah bantal, atau bisa juga tabungan di bank. Andaikan hari ini kita punya tabungan senilai 1 juta rupiah, lalu kita biarkan selama satu tahun, apa yang akan terjadi ?

1 juta di celengan -> akan tetap 1 juta, kalau tidak ilang
1 juta di bawah bantal -> akan tetap 1 juta, kalau kita tidak lupa naro di bantal yang mana
1 juta di bank -> akan kurang dari 1 juta

dan apapun itu misalkan hari ini 1 juta rupiah dapat kita belikan 100 bungkus mie ayam, tidak ada jaminan tahun depan kita akan bisa membeli 100 bungkus mie ayam dengan harga 1 juta rupiah.

Lalu bagaimana menyikapi hal ini.
1. Menabung cocok untuk jangka waktu pendek, Investasi untuk jangka panjang.
Menabung adalah langkah kecil untuk akumulasi sebelum masuk ke investasi. Beberapa investasi semacam emas, atau property tidak bisa kita dapatkan dengan nilai yang kecil, sehingga mulailah menabung, lalu bertahap masuk ke investasi jangka panjang. Sisihkan paling tidak 20-30% penghasilan bulanan untuk menabung, yang selanjutnya diinvestasikan.

2. Ilmu menabung mudah, Ilmu Investasi sangat rumit.
Menabung itu sangat mudah, anak SD pun sudah bisa. Ketika Anda mulai masuk kedalam investasi, maka Anda harus mempelajari banyak hal. Belajarlah dari buku, internet, dan tentu yang terbaik adalah milikilah mentor yang sudah memiliki jam terbang tinggi baik dalam bisnis maupun investasi. Investasi terbaik menurut saya saat ini adalah bisnis dan property. Keduanya memiliki ROI ratusan bahkan ribuan persen.

3. Investasi terkait dengan waktu dan keberanian
Dalam setian investasi selalu mengandung faktor resiko. Ketika Anda buka bisnis, ada peluang rugi, barang tidak laku. Ketika Anda beli emas, ada resiko harga turun, ketika anda membeli property ada resiko tidak tersewa. Sesuaikan profil resiko Anda dengan portofolio Investasi Anda. Jangan sampai investasi malah membuat hidup Anda tidak nyaman.

Dan penting di ingat bahwa :

Investasi terbaik adalah ilmu pengetahuan dan networking

Pastikan Anda selalu mendapatkan info terbaru di bidang investasi yang Anda sukai, lalu jangan lupa bergabung dengan komunitas. Belajarlah dari orang-orang yang telah sukses di bidang tersebut. Jangan malu juga belajar dari anak-anak muda yang lebih sukses dari Anda.

Selamat berinvestasi!

2 pemikiran pada “Menabung Membuat Anda Miskin!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s