Lima Tips Bisnis Dengan Instagram

Instagram sudah menjadi salah satu social media yang wajib Anda gunakan. Penggunaan mobile yang makin meningkat menjadi penyebab utama kesuksesan instagam serta berbagai bisnis yang menggunakan instagram. Simak saja berbagai akun instagram yang sukses seperti @vanilahijab, @brodo, @vicobagoes

Instagram memberikan kesempatan bagi brand Anda untuk berkomunikasi dengan pelanggan, dan tentu dapat juga menjadi pelanggan-pelanggan baru. Kekuatan instagram adalah visual yang mudah dan cantik, sehingga Anda juga bisa mencoba beberapa strategy marketing yang berbeda.

Berikut beberapa hal yang perlu dikenali di instagram

#1 Foto Yang Unik

Kelebihan instagram adalah kecepatan dan kemudahan operasi. Cukup gunakan smartphone, percantik dengan filter, lalu post. Butuh waktu kurang dari 5 menit saja!

#2 Gunakan Hashtags

Pengalaman saya, penggunaan hashtag sangat signifikan dalam marketing via instagram. Anda bisa mencari instagram apa yang sering digunakan di produk atau jasa yang relevan. Bangun komunitasi melalui hashtag yang sesuai. Salah satu pakar instagram, Max Woolf telah menganalisa lebih dari 120,000 post. dan ditemukan bahwa lebih banyak hashtag akan mendapat like lebih banyak. Kok bisa? yang dengan hashtag yang lebih banyak maka reach otomatis akan meningkat juga.

Pastikan juga hastag yang dibuat relevan dengan post yang dibuat. Dan tentu Anda dapat melakukan riset dengan beberapa tools untuk mencari hashtag apa yang sedang populer. Salah satu tools yang banyak direkomendasikan adalah Iconosquare.

[wp-subscribe]

#3 Membangun Kepercayaan

Buatlah konten yang memberi manfaat bagi follower Anda. Buatlah tips sederhana, small win, serta berbagai info yang dapat juga dilakukan oleh colon pelanggan maupun pelanggan Anda. Selain itu Anda juga dapat membuat semacam panduan seperti ebook resep rawfood ataupun panduang yang bisa memberi inspirasi bagi follower Anda.

Anda juga bisa menambahkan testimonial pelanggan, bagaimana Anda melayani pelanggan, sertafoto pelanggan yang puas. Ingatlah untuk selalu be authentic. Coba minta juga masukan dari follower, apa yang mereka harapkan dari Anda.

Seeing is believing. Semakin banyak orang yang puas dengan jasa, layanan, produk Anda maka tentu peluang follower bersedia bertransaksi dengan Anda akan semakin besar.

instagram#4 Connect dan Kolaborasi

Cara terbaik meningkatkan brand awareness adalah dengan memiliki influencer yang bersedia mempromosikan produk Anda. Seperti social media lain, di instagram juga ada komunitas yang berhubungan dengan produk. Misal komunitas hijab, komunitas fashion, komunitas organik, dan sebagainya. Ana dapat juga saling berhubungan dengan member yang memiliki pengaruh luas, lalu memberikan sample produk untuk di review.

Kunci mendapatkan perhatian adalah memiliki influencer yang cukup banyak sehingga lebih sering muncul di halaman follower Anda. Untuk bisnis kecil, tentu perlu aktif mencari influencer yang tepat untuk produk kita, dan tentu peluang mendapatkan pelangga dari follower dari influencer. Ketika kita sudah menemukan influencer dan memiliki engagement yang baik tentu bisa membuka peluang berkolaborasi lebih jauh lagi.

Coba simak juga di beberapa akun instagram yang saling cross posting atau dikenal dengan #sfs. Teknik tersebut sangat powerful. Coba pikirkan kolaborasi yang dapat Anda bangun bersama.

Jika Anda ada produk kesehatan dan organik, coba hubungi saya, siapa tahu kita bisa kerjasama!

#5 Posting Secara Reguler dan Share di Social Media Lain

Prinsip yang sama di social media lainnya. Di instagram membutuhkan konsistensi juga. Semakin sering tentu semakin bagus. Jumlah posting tentukan saja dengan kemampuan Anda, ada contoh clothing yang posting paling tidak 4x dalam sehari. Mereka mengkombinasi antara posting produk, posting konsumen, serta kata-kata lucu.

Tentu tidak ada angka pasti agar marketing instagram Anda sukses. Coba lakukan trial dan error untuk mendapatkan hasil yang paling baik. Lakukan riset dengan jumlah post yang berbeda tiap harinya, bedakan hari dan waktu, lalu ukur hasilnya.

Sebagai sebuah tools marketing tentu Anda bisa berkreasi lebih jauh dengan instagram. Misal membuat kontes, saling promosi, dan sebagainya. Tentu dibutuhan dedikasi tinggi, kesabaran, kreativitas untuk dapat meningkatkan brand awareness dan mendapatkan pelanggan baru.

Bagaimana menurut Anda? Apa tips yang sudah Anda Coba di instagram? Atau Anda mungkin ada info contoh akun instagram yang keren dan sukses? Infokan melalui form komentar dibawah.

Satu pemikiran pada “Lima Tips Bisnis Dengan Instagram

Komentar ditutup.