Ini Alasan Kenapa Goal itu harus Achievable

Apakah Anda frustasi karena goal, target, yang dicita-citakan selalu tidak tercapai ?
Apakah hari ini Anda tidak lagi mau membuat goal, karena merasa selalu gagal ?

Coba simak fakta ini :
– 27 persen orang Amerika -satu dari empat orang- mengatakan bahwa mencapai sasaran finansial tidak membuat mereka lebih bahagia. Bahkan beberapa orang terkaya mengatakan hal ini.

– 29 persen orang Amerika mengatakan bahwa mereka berpikir mereka mungkin telah memilih sasaran yang salah dalam kehidupan.

– Hanya 8 persen orang Amerika yang selalu mencapai resolusi Tahun Baru mereka. 92 persen gagal?

Masih ingat rumusan membuat Goal yang dikenal dengan SMART ?
– Specific
– Measurable
– Attainable
– Realistic
– Timely

Kali ini kita coba fokus pada satu hal penting yang selalu diabaikan orang-orang yang membuat goal, sehingga berakibat 3 hal di atas, yaitu Achievable atau Attainable yang artinya : Bisa dicapai.

Sering Anda membandingkan pencapaian orang lain sebagai pembanding. Padalah belum tentu kondisi Anda sama dan memiliki potensi yang sama untuk meraih goal tersebut. Atau Anda terlalu termotivasi dengan seminar motivator yang berapi api dan membuat goal yang sangat tinggi, bahkan Anda belum pernah terpikirkan!

Tidak ada yang salah, tapi prinsipnya Anda harus memilih mana yang nyaman untuk Anda, dan tetap membuat Anda tetap bersemangat tiap hari untuk meraih goal yang sudah Anda buat. Saya pribadi memilih membuat goal yang menurut saya masih bisa dijangkau. Sehingga kita bisa lebih merasakan prosesnya, mengetahui dengan detail sumber daya apa saja yang saya butuhkan, ilmu apa yang harus saya kuasai, dan dengan siapa saja saya harus bergaul dan saya jadikan guru.

Seseorang dengan income 5jt sebulan, hanya tahu cara mencari 5jt sebulan. Orang dengan income 10jt hanya tahu cara mencari 10jt sebulan. Butuh ilmu berbeda antara mendapatkan 5jt sebulan dengan 10jt sebulan. Ketika sudah mencapai 10jt sebulan, Anda butuh ilmu yang berbeda lagi untuk mendapatkan 50jt sebulan. Butuh ilmu yang lain untuk mendapatkan 100jt sebulan. Begitu juga seterusnya.

Catat : “Kalau Anda hanya melakukan hal yang sama seperti ketika mendapatkan 5jt pertama, jangan harap Anda akan pernah mencapai 100jt sebulan Anda.”

Karena butuh ilmu yang berbeda, maka teman di sekeliling Anda menjadi penting. Anda bergaul dengan teman-teman yang sama terus menerus, maka income Anda juga akan sama terus menerus. Aha!

Nah dengan membuat goal yang terlalu tinggi, Anda hanya akan nampak keren sesaat ketika menceritakan dihadapan orang lain, tapi 1-2-3 bulan menjalaninya semangat akan mudah memudar dan hilang. Atau Anda akan memilih goal yang nampak biasa saja, tapi membuat semangat Anda menggelora tiap pagi, menjalani dengan semangat dan mulai menyusun puzzle goal Anda dengan lebih nyata.

Sekarang pilihan menentukan goal ada di tangan Anda. Share artikel ini jika Anda merasa mendapat manfaat…
[wp-subscribe]

2 pemikiran pada “Ini Alasan Kenapa Goal itu harus Achievable

  1. Tulisan-tulisannya bagus, sederhana tapi jelas maksud dan analisanya. Ada waktu dan kesempatan kita bisa sharing off air ya. Salam Sukses.

Komentar ditutup.