2015 : Tantangan Di Depan Mata

Bicara proyeksi masa depan tentu menyenangkan sekaligus menantang ya. 2015 tentu akan menarik kita diskusikan setelah mengevaluasi hasil dari perjalanan 2014. Saya mengumpulkan dari beberapa riset yang mengamati perkembangan ecommerce khususnya di pasar Indonesia. Berikut beberapa poin penting yang bisa kita aplikasikan di bisnis kita.

1. Hype Social Media

Social media tetap menantang di tahun 2015, karena diperkirakan ada tren penggunaan social media yang baru seperti instagram akan menggerus pasar social media lain. Jangan kaget kalau akan ada juga perubahan platform yang digunakan user. Bisa jadi aplikasi besar akan tutup seperti yang sudah terjadi pada multiply, atau menjadi sepi seperti friendster.

Social media marketing akan lebih powerful dan kreatif. Kombinasi gambar, audio, dan video akan menjadi sarana marketing viral yang luar biasa. So ingat : kreativitas = IDE X Eksekusi. Konten lucu dan gokil atau berbau politis masih akan menjadi tema yang banyak disharing.

2. Mobile Behavior

PC dan laptop mulai ditinggalkan terutama yang digunakan oleh social media dan email. Peningkatan pengguna smartphone, akses internet yang lebih baik sangat mendukung peningkatan akses dari mobile. Tentu pastikan juga website kita telah mendukung tampilan di layar kecil.

3. New Value Proposition

Pastikan kita memiliki posisi yang benar di calon konsumen dan pelanggan kita. Kantong konsumen di 2015 akan lebih sensitif karena peningkatan biaya hidup yang cukup signifikan. Pandai-pandailah mengatur strategy harga di tahun depan. Konsumen juga akan lebih sering membanding-bandingkan harga via internet.

Konsumen tidak menuntut harga yang murah, tapi mereka menuntut apa yang mereka dapatkan nilainya harus lebih tinggi dari apa yang mereka bayarkan.

4. Market Muslim dan religius

Dalam buku yang ditulis Mas Siwo, pakar marketing dan penulis buku, konsumen kelas menengah muslim akan tetap menarik disasar. Mereka cenderung lebih berhati hati dalam membeli produk, dan sangat sensitif terhadap isu halal-haram serta menginginkan nilai-nilai yang lebih religius.

Semoga 2015 yang menantang ini kita diberikan kekuatan baik energi, waktu, team, dan sumber daya yang lebih baik. Tantangan MAE juga perlu disikapi dengan bijaksana. Rangkul-lah raksasa dan ikuti gerakan iramanya. Have FUN!

[wp-subscribe]

Satu pemikiran pada “2015 : Tantangan Di Depan Mata

Komentar ditutup.