Riset – Riset – Riset

Ide ini berawal dari kata sakti di bisnis property yaitu lokasi – lokasi – lokasi.

Di bisnis internet salah satu kata kunci yang wajib dikuasai adalah riset. Menyelesaikan riset paling tidak kita sudah menyelesaikan 50% dari PR di bisnis melalui media internet. Kok 50%, ya karena jika tidak dilanjutkan dengan eksekusi tentu hasilnya 0 besar kata guru saya di markplus conference, Pak Hermawan Kertajaya.

Apa saja yang perlu Anda riset sebelum masuk ke bisnis di internet, bahkan di bisnis apapun adalah :
1. Siapa target pasar
Bisnis kini tidak perlu modal uang besar maupun produk. Mengenal target pasar dengan baik, mengetahui siapa saja yang memiliki pengaruh besar di bisnis itu, memiliki network dan jaringan pada target pasar adalah kunci sukses di era ini.

2. Dimana target pasar anda berada
Dimana anda bisa bertemu dengan target pasar anda? misalkan di internet apakah anda akan ketemu via blog? ketemu via google? atau ketemu di social media seperti facebook, twitter, atau instagram yang lagi rame-ramenya. Tes sederhana dengan menghubungi target market anda. Jika memang pasar anda tidak menggunakan internet, tentu anda harus mencari cara lain untuk bisa bertemu dengan prospek anda 😀

3. Apa kata kunci yang mereka gunakan di internet
Kenali kata kunci yang populer di gunakan di google kini sangatlah mudah. Google sudah membuat algoritma yang canggih sehingga kita dapat melihat kebiasaan orang mengetik kata kunci di google.

4. Seberapa banyak pencariannya
Anda bisa melakukannya dengan google planner. Jika pencarian satu bulan hanya dibawah 50, sebaiknya coba cari kata kunci lain yang lebih mendekati, atau alternatif lain kumpulkan beberapa kata kunci sampai paling tidak tiap bulan anda dapat mengumpulkan 500 pencarian.

5. Kata kunci apa yang mengarah pada penjualan
Kata kunci umum akan mendatangkan banyak traffic, tapi buying keyword akan mendatangkan penjualan. Cobalah bijak untuk mengkombinasi kata kunci yang umum dan buying keyword seperti jual ____, beli ____, _____ murah, ____ di jakarta, dan sebagainya.

riset6. Di negara dan kota apa mereka berada
Penting juga untuk mengenali negara dan kota pencarian. Kita bisa gunakan data ini nantinya pada program iklan kita di facebook ads, maupun adwords agar iklan kita lebih tepat sasaran. Seperti kata Pak Laksita adalah bagaimana memancing ikan, tentu jauh lebih mudah di kolam yang banyak ikannya.

7. Siapa kompetitornya
Mengenali kompetitor dan persaingan di pasar akan membuat anda lebih bergairah.

8. Seberapa kuat kompetitor anda
Miliki kelebihan unik yang tidak dimiliki kompetitor anda. Coba ambil perspektif konsumen, mengapa mereka lebih layak membeli dari anda dibandingkan dengan kompetitor

9. Berapa besar market size-nya
Ketika bisnis anda membesar, tentu anda harus mempu meningkatkan omzet lebih besar juga. Jika ternyata ceruk pasar di produk yang anda jual terlalu kecil, coba pertimbangkan untuk menambah produk dan jasa lain yang kiranya dibutuhkan oleh target market yang sudah anda layani. Hindari membuka lini bisnis baru yang terlalu jauh dengan apa yang anda kuasai.

10. Bagaimana trend-nya
Kenali trend dari suatu produk akan membantu kita mempersiapkan pelayanan terbaik bagi pelanggan. Jika trend sedang naik, pastikan pelayanan anda juga tetap maksimal. Ketika trend sedang turun jaga cashflow sehingga bisnis anda tetap berjalan dengan baik.

Punya ide harus riset apa lagi ?
silahkan tulis komentar anda…

ps. jika anda penggemar makanan sehat dan organik, silahkan mampir di vicobagoes.com ya…

Iklan

3 pemikiran pada “Riset – Riset – Riset

  1. Keren tulisannya… (baru sempat baca pagi ini)
    tulisan ini tidak cuman cocok buat yang baru mau memulai bisnis…
    tetapi bisa juga untuk evaluasi bagi yang bisnisnya sudah berjalan. Sering orang kalau bisnisnya sudah jalan jadi lupa/mengabaikan hal2 seperti ini…

    bacaan akhir tahun yang rekomend banget… ditunggu tulisan2 berikutnya…

Komentar ditutup.