Memanfaatkan Peluang Dari Kenaikan Harga BBM

“Problem is a Mother of Invention”
Itu kata salah satu pesan penting guru saya pagi ini.

Beberapa hari yang lalu seluruh masyarakat Indonesia pasti banyak sekali yang berbicara tentang BBM, tentang dikhianati, janji palsu, dan macam-macam lagi. Sebagian menanggapi secara reaktif ditunjukkan dengan nada-nada negatif. Sebagian lagi netral dan cenderung positif untuk mencari solusi atas masalah yang akan dihadapi, bahkan ada yang langsung menyamber dengan memanfaatkan peluang dari kenaikan harga BBM.

Lalu, kita termasuk yang mana ?

Jika anda seorang pengusaha tangguh, tentu masalah seperti diatas tentu hal yang biasa kita temui. Pengusaha itu menghadapi kendala dari saat mereka bangun di pagi hari, apakah untuk mencari pelanggan, mengirimkan pesanan, memuaskan client hingga memuaskan investor. Berjuang untuk memenuhi gaji diri sendiri dan gaji karyawan, dan berurusan dengan berbagai hal yang tak terduga🙂

peluangPengusaha tangguh mampu merubah kesulitan menjadi keuntungan. Mereka muncul dari masalah di pasar untuk menghasilkan kesuksesan. Coba perhatikan John D. Rockefeller, Thomas Edison dan Steve Jobs mereka semua menjadikan kesulitan, masalah dan kendala menjadi jalan keluar.

Ada 5 jurus yang kita bisa coba :
1. Keep a cool head.
Tetap tenang. Kadang kita memikirkan terlalu extrem kiri atau kanan. Coba berhenti sejenak, mencari pandangan baru, teman baru, dan suasana baru

2. Think differently
Jangan berpikir dengan cara yang sama untuk mengatasi hal yang berbeda. Coba cara lain yang belum pernah kita lakukan sebelumnya.

3. Ignore the rules.
Kadang anda harus keluar dari pakem dan jalur ketika ketidakseimbangan terjadi. Biasanya jual murah, sekarang coba jual mahal. Biasanya jual tempo, sekarang juallah dengan cash keras.

4. Anticipate (think negatively)
Selalu siapkan plan B. Tidak seorangpun menjamin strategy yang sudah dibuat akan berjalan dengan mulus. Kita harus siap brosur yang kita sebar tidak menghasilkan penjualan, fb ads yang dipasang tidak mendapat respon. Selalu perbaiki dan perbaiki. Keep innovate and trying!

5. Amor fati (or love your fate)
Menerima dengan ikhlas. Nikmati saja perjalanan usaha kita setiap hari. Jalan kaki, naik sepeda, naik angkot tidak lebih hina dibanding naik mobil mewah. Kebahagiaan adalah menerima kondisi kita saat ini dari terus berusaha mencari peluang dan take ACTION!

selamat bersenang senang sahabat!
Jangan lupa subscribe email anda di kolom sebelah kanan untuk update artikel keren!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s