Service Business

Apa bisnis anda ?
Menjual produk ?
Jasa yang dibutuhkan banyak orang ?

Ternyata apapun bisnis yang kita jalankan intinya adalah service, atau pelayanan. Kalau kata guru saya every business is service business.

Kita sudah memasuki era baru dalam berbisnis. Orang mungkin bisa saja membeli produk dari anda karena hanyalah anda sendiri yang menyediakan jasa / produk tersebut. Tapi itu dulu. Kini, orang memiliki banyak pilihan kepada siapa pelanggan ingin membeli produk yang dibutuhkan. Mereka tidak sekedar mencari produk, tapi mereka lebih mencari nilai.

50% calon pelanggan akan tidak melanjutkan pesanan, ketika pesanan mereka di cuekin oleh penjual. Saya juga sering mengalami hal ini. Misal beli makanan di warung yang sangat terkenal, sehingga sangat ramai. Pelayanan ketika tempat duduk penuh, tentu menjadi tidak nyaman. Saya cenderung pilih tempat lain yang lebih sepi walau mungkin rasa-nya berbeda.

89% pelanggan tidak akan melanjutkan transaksi atau tidak melakukan transaksi lagi jika memiliki pengalaman buruk oleh customer service. Ini sangat berbahaya sekali untuk sebuah bisnis. Karena pada dasarnya bisnis bukanlah sekedar mencari pembeli. Inti bisnis adalah mencari pelanggan yang bersedia membeli lagi, dan lagi bahkan merekomendasikan orang untuk membeli!

Ketika pembeli diberikan pengalaman unik dan menyenangkan, 70% mengaku akan membeli kembali. Coba bayangkan jika sebuah bisnis memiliki banyak pelanggan setia, maka tidak perlu lagi ada budget untuk pasang iklan. Anggaran bisa dialihkan untuk meningkatkan pelayanan bagi pelanggan setianya.

Apakah anda masih berharap orang membeli karena harga murah?
Lupakan!
55% orang kini memilih bersedia membayar lebih mahal, asalkan produk benar-benar berkualitas dan memberikan pelayanan yang terbaik. Jangan takut meningkatkan pelayanan, karena pelanggan sekarang sudah tidak lagi sensitif terhadap harga. Merena jauh lebih sensitif terhadap pelayanan yang buruk!

Ok. let’s improve our better service.

dapetin berbagai update menarik via google+ ayuk di add +annasahmad ya…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s