Legalitas Surat Kepemilikan Apartemen

surat apartemenLegalitas Strata Tittle digunakan untuk apartemen, biasanya di sebut juga dengan nama “Hak Milik” atas apartemen. Akan tetapi, perlu diketahui ada 2 jenis kepemilikan untuk strata tittle apartemen tersebut, yaitu :
– Strata tittle / Hak Milik di atas tanah developer (HGB Murni)
– Strata tittle / Hak Milik di atas tanah pemerintah (HGB di atas HPL)

Seperti apa tuh?
Yuk dibahas satu-persatu

1. Strata tittle apartemen di atas tanah developer, artinya legalitas untuk kepemilikan atas bangunan dan tanah, yang mana tanahnya ini adalah murni pembebasan yang di lakukan oleh developer (swasta). Nantinya tanah tersebut bisa di miliki dan sertifikat kepemilikan tanah tersebut diserah terimakan ke para pemilik unit apartemen dengan status kepemilikan secara bersama dan di percayakan kepada PPRS. Strata Tittle (Hak Milik) ini dapat di agunkan ke Bank.

2. Strata tittle apartemen di atas tanah milik pemerintah atau milik perusahaan lain, maksudnya adalah legalitas untuk kepemilikan atas bangunan dan tanah, yang mana tanahnya ini adalah milik pemerintah atau pihak lain. Sehingga tanah tersebut tidak bisa di miliki dan Strata Tittle (Hak Milik) ini tidak bisa di agunkan ke bank.

Jadi, alangkah baiknya, jika anda ingin membeli atau berinvestasi pada sebuah apartemen baru, maka pastikanlah marketing apartemen tersebut, bisa menunjukkan surat bukti-bukti legalitasnya, seperti HGB, IMB dan SIPPT. Seperti contohnya no register HGB bisa anda cek di BPN untuk mengetahui status kepemilikan tanahnya, no register IMB dan SIPPT dapat anda cek di BPP Pemda.

annasahmad
“tuntaskan amandel membandel dan gejala radang tenggorokan dengan Lamandel

Satu pemikiran pada “Legalitas Surat Kepemilikan Apartemen

  1. Sertifikat HGB diatas HPL bisa jadi HAK MILIK
    Contoh: Perumahan Mutiara Taman Palem Cengkareng Jakarta Barat dimana Sertifkat HGB di atas HPL (Hak Pengelolaan Lahan) dalam hal ini Perum Perumnas BISA ditingkatkan menjadi HAK MILIK caranya:
    1.Datang ke Manager Perumnas kawasan Cengkareng dengan alamat: Jalan Kamal Raya Rusunawa Cengkareng blok melati 8 lantai dasar. Tujuan minta ijin peningkatan hak Selanjutnya ikuti instruksi isi form dan ada perhitungan biaya termasuk administasi.
    2.Setelah mendapatkan ijin dari Perumnas dilanjutkan perubahan IMB dimana IMB Perumahan mutiara taman palem adalah Hunian harus diubah ke Rumah Tinggal, nah pengurusan IMB harus ke Tata Kota Pemda setempat
    3.Setelah IMB diubah ke Rumah Tinggal maka langkah terakhir ke BPN (Badan Pertahanan Negara) untuk mengurus peningkatan hak dari HGB diatas HPL menjadi HAK MILIK dimana Sertifikat HGB coret menjadi Sertifikat HAK MILIK (SHM).
    Hanya Rumah Tinggal yang bisa ditingkatkan Hak nya menjadi HAK Milik sedangkan Ruko tidak bisa, akan Tetapi Anda tidak perlu kwatir karena HGB diatas HPL Perumnas lebih tinggi dibanding HGB diatas HPL instansi lain karena apa? Karena PERUMNAS sudah jelas sebuah badan usaha milik negara yang fungsi utamanya adalah menyediakan perumahan untuk rakyat dan focus kepada pengembangan perumahan di tanah air.
    Nah kalo ngak mau Repot bisa pake Jasa Notaris setempat aja pasti beres. So harga Rumah Mutiara Taman Palem Cengkareng Jakarta Barat bisa naik 2 kali lipat karena Sertifikat HGB diatas HPL bisa ditingkatkan menjadi HAK Milik dengan 3 cara diatas. “INDAHNYA BERBAGI”.
    Penulis: Hendra 085692111023 Twiter: @revoproperty

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s