Penuhi Keinginan Pelanggan Anda

Minggu kemaren diskusi dengan seorang sahabat pebisnis interior yang selama ini sudah menjalankan bisnis interior secara custom. Beliau merasa sangat jauh dari ilmu branding, saat ini beliau jual tanpa merek, memenuhi permintaan / order khusus dari pelanggan korporat-nya.

“Bisnis yang saya jalankan masih tradisional banget. Tapi kerjaan ada terus, omzet sih ya udah diatas 9 digit mas, bagaimana saya bisa branding produk saya?”. Ini mungkin keluh kesah yang anda alami juga ya. Banyak orang berpikir brand itu merek, brand itu kata-kata, padahal kata salah satu guru saya, brand itu ya apa saja yang anda lakukan! You is your brand!

Teman saya pebisnis furniture sempat stress karena mau meluncurkan produk non custom, sehingga produksinya lebih mudah, kualitas bisa bagus, walau harga-nya lebih mahal. Padahal selama ini beliau sudah “dikenal” sebagai pebisnis furniture dan interior custom! Dan rasanya yang beliau lakukan selama ini dengan memenuhi keinginan pelanggan sudah diterima pasar dan sudah menjadi “brand” tersendiri di mata konsumen-nya.

keinginan pelangganSama juga halnya dengan sahabat saya yang tetap fokus melayani kaos satuan via web http://kaoskaos.com/. Jelas sekali beliau ingin “nge-brand” sebagai jasa pembuatan kaos satuan bukan distro. Mau ratusan, puluhan, satu kaos pun dilayani dengan senang hati untuk memuaskan pelanggan-nya!

Tinggalkan Balasan

