Quality first, quantity will follow

MemberiIDIni adalah salah satu pesan di ruang produksi inaco yang saya kunjungi kemaren bersama komunitas memberiID yang diprakarsai mas @yuswohady. Sangat jelas sekali berkembangnya sebuah bisnis yang di awal 90-an adalah bisnis UKM ini menggurita sebagai salah satu market leader di kelas makanan ringan jelly di Indonesia.

“Kami memulai produksi dengan fokus pada export, dan sukses mengembangkan produk nata yang kualitasnya bisa diterima oleh standar Jepang dan Amerika”, kisah Pak Erijanto, salah satu pimpinan Inaco. Ini yang menarik, dan tentu fokus pada market export dengan standar seperti negara jepang, membutuhkan nafas, ketahanan, dan kesabaran tingkat tinggi.

Untuk pasar lokal, inaco baru masuk di tahun 2000-an dan terus mengedukasi pasar dengan tema jajanan yang sehat, “Healthy Snack”. Saya pribadi sangat salut juga dengan bisnis yang saat ini sudah memiliki sekitar 800 karyawan ini akhirnya sukses menguasai 60-70% market di jepang, dan saat ini pasarnya sudah masuk di hampir semua benua.

Pesan penting yang saya petik adalah, miliki proses yang berkualitas. Hasilkan produk yang berkualitas. Konsisten. Sukses akan datang. See you at the TOP!

Nikmati artikel keren tiap hari dengan berlangganan. Klik ikuti / Follow di bagian kanan bawah!
ikuti

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s