Orang tua ikut anak, atau anak ikut orang tua ?

Pembicaraan menarik di minggu kemaren tentang keuangan keluarga. Ada istilah sandwich generation, yang artinya kira-kira orang yang harus menafkahi orang tua, dan disaat yang sama mereka harus membiayai anak-anaknya.

Benarkah saat ini banyak orang tua yang memberikan pendidikan pada anaknya, dan berharap ketika tua, orang tua ini bisa menggantungkan pada anaknya? Mereka lebih peduli pada pendidikan anaknya, dibandingkan dengan peduli pada kondisi financial mereka ketika pensiun ?

financial keluargaIni menarik sekali khususnya bagi orang tua.
Ada 2 hal yang penting, biaya sekolah anak dan biaya untuk pensiun. Mana yang di prioritaskan ?

Dari pengamatan saya pribadi malah berbeda. Banyak sekali saya malah melihat, bukannya generasi mudanya yang terbebani oleh orang tuanya lho, tapi malah generasi mudanya terus membebani orang tuanya karena tidak mampu bekerja dengan baik, atau gaya hidup mereka sudah berbiaya terlalu tinggi…

Sehingga, untuk saya pribadi, saya memilih lebih memprioritaskan investasi pada pendidikan anak. Jangan sampai anak ini membebani orang tua ketika dewasa. Dan tentu sebagai orang tua kita juga tidak berharap mereka akan membalas budi / uang yang sudah kita keluarkan untuk pendidikan mereka.

Bagaimana menurut anda ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s