Resesi adalah Kesempatan

Istilah keren guru saya, mas yuswohady adalah “nyalip di tikungan”. Kalau bahasa gamblang salah satu master bisnis yang saya kenal adalah Slowdown Opportunity. Siapa bilang resesi itu kita harus berhenti sejenak, kita ikut-ikutan tiarap dulu ?

Resesi yang diperkirakan datang di 2014 itu harusnya tidak berlaku bagi UKM. Apalagi dengan fix cost yang masih kecil, organisasi yang masih sederhana, owner masih menjabat jadi OB dan kurir, dan jualan cuma via garasi dengan manfaatin fb dan BB adalah keuntungan luar biasa.

nyalip di tikunganBisnis mikro dan kecil akan sangat diuntungkan ketika resesi. Jika ekonomi terus tumbuh, dijamin perusahaan besar akan terus dengan mudah menggilas pemain-pemain kecil. Budget tidak berseri, orang-orang yang pintar, ilmu yang paling terbaru, akan mudah membuat bisnis kecil keok di masa tenang.

Masa resesi itu semua merasakan sulit. Tidak peduli besar ataupun kecil. Dan tentu yang besar bisa jadi akan merasakan dampak lebih besar. Organisasi yang sudah besar, fix cost tinggi, dan banyak hal lain.

So, mumpung akhir tahun, siapkan strategy menyalip di tikungan!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s