Cara Mudah Buat Bisnis Plan

Jika baru buka, mungkin bisnis plan tidak penting. Tapi jika bisnis kita sudah jalan minimal 1 tahun, coba mulai buat planning sederhana ini.

1. Lakukan bisnis review
Evaluasi hal-hal penting dalam bisnsi kita. Misal berdasar neraca ataupun laba rugi. Lihat trend sales di tiap bulannya. Lihat cost tiap bulannya. Lihat jumlah lead-nya, berapa konversinya, berapa customer-nya, berapa pembelian masing-masing customer, berapa yang menjadi pelanggan anda.

2. Tentukan target tahunan
Buat target yang menantang. Bukan di awang-awang. Artinya sesuaikan dengan resource yang kita miliki, dan ketika target dicanangkan anda sudah memiliki ide bagaimana cara merealisasikannya.

bisnis plan

3. Turunkan menjadi target bulanan
Dalam bisnis biasanya ada siklus ramai dan ramai banget. Susun berdasarkan siklus masing-masing bisnis. boleh juga diturunkan perminggu.

4. Susun rencana yang paling mungkin
Tulis langkah-langkah yang harus kita kerjakan, agar target bulanan bisa tercapai. Fokus pada mencari leads, meningkatkan konversi, memingkatkan pembelian masing-masing konsumen, meningkatkan repeat order. Lengkapi dengan jadwal kegiatannya + budget + siapa PIC + dan tentukan resource lain yang diperlukan dalam mengeksekusi rencana tersebut.

5. Nilai Tambah dan Faktor Kali
Cari nilai tambah dari produk yang bisa kita tawarkan di masa tersebut. Cari juga faktor kali apa yang bisa menghasilkan penjualan / pemasukan yang lebih banyak dalam waktu yang lebih singkat.

6. Tentukan metode evaluasinya
Bisnis plan tidak bisa ditulis, dikerjakan, dan dievaluasi sendirian. Milikilah mentor, guru, sahabat, tim, atau pun apapun yang dapat menbuat kita selalu mengevaluasi-nya secara berkala. Tidak ada artinya jika kita membuat rencana tapi tidak menentukan juga bagaimana evaluasinya tiap bulan / 3 bulan / 6 bulanan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s