Mana Lebih Penting : Action, Plan, Goal ?

Bebarapa hari yang lalu diskusi dengan beberapa teman tentang planning 2014. Ada teman yang merasa membuat planning bisnis itu tidak penting. Terlalu direncanakan malah tidak jalan. Dibuat goal dan planning tapi malah bikin nyali ciut.

Coba bayangkan jika kita pergi naik taksi. Kita jalan ke pinggir jalan, lalu lambaikan tangan mesra ke pak sopir taksi. Pasti dengan senang hati sang sopir berhenti. “Silahkan masuk pak. Saya akan antar bapak kemanapun bapak pergi. Selamat menikmati perjalanan ini”. Lalu pasting si sopir bertanya : “Bapak Mau Kemana ?”

action rencana tujuanKarena kita tidak punya tujuan ya, kita jawab : “ya jalan aja dulu pak”. Si sopir juga manggut-manggut aja. “Baik pak, kita jalan ya. Argo saya akan aktifkan.” Mulailah perjalanan kita dengan pak sopir dalam taksi dimulai. Ada sepeda motor nyalip di kiri, ada orang jalan, semua terlihat begitu indah.

Lalu setelah 10 menit jalan, di depan ada pertigaan besar. Sopir bertanya, “Kita belok kiri atau belok kanan pak?”. Kita jawab saja “Terserah pak, kanan bisa, kiri juga bisa”. Baik pak, kita pilih ke kanan saja ya, pemandangannya lebih indah.

Perjalanan terus berlanjut sampai mendekati pinggiran kota. Pak sopir pun bertanya ketika bertemu perempatan besar, “Kita ke arah mana pak? Lurus, kanan, atau kiri?” Sambil sopir melihat argo taxi-nya sudah Rp.500.000. Ketika kita jawab lagi : “Saya tidak punya tujuan pak. Terserah bapak mau kemana saja saya ikut!”

Nah…
Mulailah sang sopir curiga. Argo terus berjalan. Setelah lepas dari perempatan, taxi pun berhenti.
………………

(silahkan lanjutkan sendiri)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s