Strategy Bisnis Mikro 2014

Setelah 1 minggu memikirkan strategy 2014 bersama dengan pakar-pakar bisnis serta mentor bisnis. Ini adalah catatan paling penting menghadapi peta persaingan 2014.

Resesi harusnya tidak berlaku bagi UKM. Apalagi dengan fix cost yang masih kecil, organisasi yang masih sederhana, owner masih menjabat jadi OB dan kurir, dan jualan cuma via garasi dengan manfaatin fb dan BB adalah keuntungan luar biasa. Bisnis mikro dan kecil akan sangat diuntungkan ketika resesi.

Ketika ekonomi berlari kencang, dijamin perusahaan besar akan terus dengan mudah menggilas pemain-pemain kecil. Uang yang tidak terbatas dan human capital akan mudah membuat bisnis kecil keok di masa tenang.

Bagaimana bisnis yang baru mulai, atau bisnis UKM, atau startup bisa menyalip perusahaan besar ketika resesi datang? ada beberapa strategy yang bisa digunakan :

1. Tetap beriklan, bahkan menambah budget!
Kalau para pemain lain cenderung “wait and see” menghadapi kondisi bisnis yang tak menentu, Anda justru harus proaktif merespons pasar dengan gerakan-gerakan yang agresif dan menggebrak pasar. Kalau pemain lain cenderung tiarap, mengurangi budget pemasaran untuk menghindari risiko, Anda justru menaikkan budget untuk memanfaatkan momentum pasar yang sedang sepi oleh gerak pesaing. Catat : gerakan Anda yang agresif di tengah pemain lain yang diam akan menghasilkan dampak kinerja yang jauh lebih impactful.

2. Low Budget, High Impact
Marketer harus mengusung konsep program yang nyleneh, dengan memanfaatkan media sosial, komunitas, atau digital. Konsep kampanye pemasaran yang berbasis word of mouth (WOM), buzz, atau viral di media sosial akan marak dan menjadi pilihan. Optimalkan website, blog, twitter, facebook, video, dan mobile site yang lebih murah dan efektif.

nyalip rossi3. Service Oriented
Dua-tiga tahun yang lalu ketika ipad diluncurkan semua bilang wow. Harga dipatok sangat tinggi sekali. Hanya kalangan tertentu yang bisa tenteng gadget itu. Setahun belakangan sudah muncul produk tab dengan OS android yang lebih kurang punya fungsi sama, tetapi dengan harga kurang dari separonya. Product WOW akhirnya turun kelas menjadi produk KEREN. Mungkin tidak lama lagi produk keren itu akan jadi produk yang BIASA saja.

Sehingga produk yang value oriented, akan lebih dikejar-kejar pembeli di masa resesi ini. Produk sejenis dengan value sama, tapi memberikan harga yang lebih murah akan dapat memenangkan persaingan di masa krisis.

Yuk segera persiapkan bisnis kita di 2014

Masih ada insight lain yang akan di share. Masukkan saja email anda di sini :

Delivered by FeedBurner