Cash Generation

cash generation
Masih ingat matriks seperti diatas ?

Matriks tersebut juga sering disebut sebagai growth share matriks. Secara mudah adalah melihat karakter suatu produk saat ini sedang di dalam siklus seperti apa.

Cash cows, adalah masa dimana sebuah bisnis memiliki market share yang tinggi, tapi dalam industri yang bergerak lambat. Unit bisnis ini menghasilkan cash, dan akan memberikan income bagi bisnis secara jangka panjang. Kondisinya biasanya telah stabil dikondisi market yang sudah matang. Bisnis ini masih sangat memungkinkan bertahan dalam jangka waktu yang cukup panjang. Investasi di bisnis ini juga tidak menarik karena nilai pertumbuhannya relatif kecil.

Dogs, kondisi dimana bisnis hanya mampu sampai kondisi breakeven saja. Profit cenderung sudah tipis dan seringkali sudah terjadi persaingan harga yang kurang sehat. Bisnis seperti ini biasanya sudah memasuki titik jenuh, dan memang sebaiknya dijual, atau dialihkan ke model bisnis yang baru.

Tanda Tanya, adalah bisnis yang sedang berjalan dalam pertumbuhan yang sangat tinggi, tapi marketshare yang rendah. Bisnis model seperti ini bisa jadi menjadi star di masa mendatang, yang bisa jadi menjadi cashcow yang menarik.

Bintang ini adalah kondisi ideal dalam bisnis. Dimana pertumbuhan bisnis di sektornya sedang bagus, didukung dengan marketshare yang terus meningkat. Bisnis bertipe star ini biasanya membutuhkan suntikan dana untuk dapat melawan kompetisi dan menjaga pertumbuhannya. Ketika pertumbukan sudah mulai melambat, maka dapat diarahkan menjadi model cashcow.

Dimana tipe bisnis anda ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s