Manajemen internal di bisnis UKM

Bisnis ukm sering terjebak pada ketergantungan pada owner saja. Ini sangat berbahaya. Sebenarnya owner tidak perlu terlalu kuatir untuk melakukan delegasi dalam bisnisnya, asalkan memiliki manajemen internal yang baik.

internal controlCara sederhana dalam manajeman internal ada 4 kegiatan, yaitu :

1. Meeting rutin
Lakukan meeting rutin harian, mingguan, bulanan. Buat kesepakatan hal-hal apa saja yang wajib di laporkan dan menjadi bahan pembicaraan di setiap meeting. Tiap meeting harus jelas agenda, dan siapa saja yang harus ikut didalamnya. Pastikan ada kesepakatan yang harus dikerjakan dalam setiap meeting

2. Kontrak
Buat kontrak atau perjanjian yang diperlukan dalam bisnis. Bisa kontrak dengan karyawan, perjanjian kerja dan sejenisnya

3. Sistem Remunerasi
Ini sangat penting agar terjadi trust yang kuat antara karyawan dan owner. Buat sistem remunerasi sejelas mungkin, dan tentu jangan lupa untuk ditaati,

4. Pengukuran Kinerja
Dalam setiap aktivitas, pastikan dapat selalu diukur. Tidak harus hasil yang diukur, bisa juga proses-nya. Misal berapa call yang harus dilakukan tiap hari, Berapa database yang harus didapat dalam satu minggu, dan sebagainya. Kita harus yakin, dengan proses yang baik akan menghasilkan output yang lebih baik juga.

Satu pemikiran pada “Manajemen internal di bisnis UKM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s