Dimana Posisi Bisnis Anda ?

Dalam setiap tahapan bisnis memiliki tantangan yang berbeda. Bisnis yang baru 1-2 tahun tentu memiliki perbedaan tantangan dengan bisnis yang telah berjalan lebih dari 5 tahun.

Tapi waspadai kalau kita ternyata telah bisnis cukup lama, tapi tantangannya masih itu-itu saja. Ayo bertahap naik kelas. Mulai dari starting, stabilizing, spreading.

3 level bisnis

Diawal bisnis, konsentrasi kita adalah bagaimana bisa membangun sumber penghasilan dari bisnis. Seperti apa produk dan jasa yang dapat terserap oleh pasar. Apa keinginan konsumen yang dapat kita penuhi. Di level ini yang penting adalah terjadi penjualan. Dan penting untuk menjaga cashflow mengalir dengan lancar.

Tahap berikutnya adalah stabilizing bisnis. Dimana permasalahan bukan fokus pada pasar, tapi bagaimana kita dapat secara konsistem memenuhi kebutuhan dan kualitas yang diinginkan pasar. Bagaimana struktur biaya, agar perusahaan selalu berkembang dan dapat mulai berinovasi. Profit merupakan bagian penting dari level ini.

Tahap berikutnya adalah spreading. Dimana bisnis mulai perlu mencari faktor kali. Siapa dan apa yang dapat mengungkit penjualan dalam produk dan jasa yang dihasilkan. Bagaimana mencari duplikasi penghasilan. Dan di tahap ini penting sebuah bisnis sudah melakukan investasi. Baik yang sifatnya fisik, maupun investasi dalam bentuk non fisik seperti knowledge dan human resource.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s