Apakah anda sudah ditolak 500 kali ?

Menarik sekali pertemuan dengan salah satu sahabat di sore yang cerah kemaren. Beliau dengan simple bertanya, “Berapa penolakan yang sudah pernah kita terima sampai akhirnya kita berhenti?”

Seorang sales maupun marketing dituntut menjadi orang yang tangguh dan tahan banting. Sampai ada doktrin jika kita belum mengumpulkan 500 penolakan, maka kita perlu terus mengoleksinya😛

Ditolak calon pembeli itu sebenarnya hal yang biasa. Bisa jadi produk-nya tidak sesuai, target marketnya tidak tepat, atau pricing-nya kurang cocok. Banyak sekali faktor. Tapi dalam banyak kasus, memang kita kurang gigih dalam mencari pembeli dan menawarkan produk kita.

Coba buat catatan sederhana, kepada siapa saja kita sudah memasarkan produk kita. Seperti apa karakter, penampilan, latar belakang orang yang akhirnya bersedia membeli produk kita. Lalu berikutnya adalah fokus pada market yang sama.

Misal, produk saya ini dibeli oleh orang yang sudah memiliki rumah sendiri, bukan yang tinggal dengan mertua, ngontrak ataupun kos. Nah, coba lebih fokus untuk menawarkan produk dengan kriteria pada orang yang sudah memang seperti itu. Seringkali penjualan itu memiliki pola. Kita cukup cari tahu polanya.

Silahkan berlangganan tulisan simple yang joss tiap hari. ketik email anda di “berlangganan” ya…

2 pemikiran pada “Apakah anda sudah ditolak 500 kali ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s