Ternyata Tujuan Bisnis Itu Bukan Profit!

“Hi annas! kamu kalau ngomong yang bener aja. Saya tiap hari itu bisnis, dagang ya tujuannya cari untung!”

Itu komentar sahabat saya ketika kita kemaren sarapan bareng, dan kita berdiskusi tentang tujuan bisnis. Pengalaman beliau setahun terakhir nampaknya cukup memeras tenaga dan pikiran. Setelah memutuskan untuk berbisnis beliau tiap hari harus kerja extra keras. Meeting sana, meeting sini. Ketemu si A, ikut rombongan bisnis bersama tokoh B, trus koordinasi dengan C. Luar biasa!

Sebenarnya apa tujuan bisnis kita itu ?
Saya sempat membaca quote keren dari salah seorang master marketing : peter drucker. dia bilang :
peter drucker quote

yang kira-kira artinya :

Tujuan dari bisnis adalah menciptakan pelanggan dan menjaga pelanggan itu

Pengalaman beliau bertahun-tahun di dunia bisnis, dan mengamati perusahaan besar menjadi sukses, ternyata kunci dari bisnis itu sebenarnya bukanlah mencari profit. Tapi mencari pelanggan, dan setiap waktu fokus untuk menjaga pelanggan itu.

Trus apa kalau bisnis tidak cari untung? TIDAK~!

Untung dan profit itu adalah akibat.
Kalau kita fokus terus untuk mencari konsumen, dengan marketing, dengan iklan, dengan promo. Dan disisi lain kita juga menjaga pelanggan dengan memberikan service terbaik, memberikan produk terbaik, rajin berkomunikasi dengan konsumen. maka akibatnya bisnis kita akan Profit.

“Oh… jadi gitu ya ?”

ya itu pesen pak peter. Jadi inget ya… tujuan kita dalam bisnis bukanlah cari untung.
Tujuan dari bisnis kita adalah memanage sumber daya dengan begitu hebat, sehingga akibatnya untung.

Kenapa kita sebaiknya bisnis kita tidak bertujuan mencari untung ?

Ingat untung adalah akibat. kenapa? karena semakin kita mengejar untung, kalau profit dijadikan sebagai tujuan, maka pelanggan bisa kita tipu, pelanggan akan kita manipulasi, proses usaha direkayasa sedemikian rupa, sehingga ujungnya hanya untung.

Misal, bahan baku yang harusnya dipilih berkualitas baik, dibelikan bahan yang murah. Supaya untung. Sehingga segala daya upaya hanya dilakukan untuk mencari profit saja. Ini berbahaya, karena jelas untungnya juga tidak akan langgeng.

Semua orang mau kaya, tapi kaya bukan tujuan.
Semua bisnis ingin mencapai target, tapi pencapaian target bukan tujuan.

Kaya adalah akibat.
Pencapaian target adalah akibat.

Jika setiap hari kita lakukan hal yang benar, langkah demi langkah kita lakukan secara konsisten, terus menerus dan disiplin. Maka akibatnya akan sukses. setuju…!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s