Bisnis Ibarat Main Futsal

Setiap hari jumat malam, alhamdulillah di komunitas bisnis yang saya ikuti ini berinisiatif olah raga bersama. Dipilihlah olahraga futsal, yang bisa bikin keringat keluar, bisa main bareng-bareng, dan berbiaya ekonomis. Semalam pulang olah raga bareng ini, ngelamun di perjalanan pulang, “futsal ini cocok banget dari perumpamanaan sebuah bisnis ternyata”. Apa saja itu ?

Sekedar cari keringat atau prestasi
Sama dengan bisnis yang dijalani sekarang. Kita sekedar iseng, sambilan, isi waktu luang? Atau memang memiliki harapan lebih tinggi. Sebagai nafkah untuk keluarga, untuk mendapatkan kesejahteraan yang lebih baik, atau dengan tujuan yang lebih mulia seperti membuka lapangan pekerjaan, bahkan sampai level yang paling tinggi untuk memperbaiki dunia dan akhirat.

Jika memang ingin prestasi dalam futsal kita tidak bisa sekedar bermain seminggu sekali, dengan pemain seadanya, tidak ada latihan fisik, tidak ada briefing. Bahkan tidak ada pelatih maupun kapten. Sama di bisnis kita.

Stamina, Skill, Strategy, Team Work
Ketika main futsal di komunitas, kita tidak pernah berharap untuk menang. Tidak ada piala yang diperebutkan. So kita bermain bebas saja. Boleh ganti pemain sesukanya, yang mau main silahkan, yang cuma nonton aja juga boleh. Karena memang tujuannya silaturahim, saling mengenal, dan cari keringat saja (olahraga)

Tapi yang menarik di futsal adalah masalah stamina, skill, dan strategy. Sama halnya di bisnis. Apakah kita punya stamina yang cukup. Seberapa ulet kita mau berjuang untuk mendapatkan pembeli. Seberapa tabah kita menghadapi penolakan. Jika fisik kita lemah, di futsal pun baru 5 menit kita sudah mulai merasa capek ya minggir 🙂

Di bisnis butuh skill juga. Menggocek, menggiring bola, dan tentu menendang bola ibarat bagaimana kita mempresentasikan produk, berkomunikasi pelanggan, dan diujungnya adalah bagaimana kita menutup penjualan. Deal, Closing. Skill bermain futsal dan bisnis bisa dilatih. Memang ada beberapa orang yang punya bakat lebih baik satu dengan yang lain walau sama-sama baru bermain futsal. Seberapa cepat dia berlatih, mencari teknik menggiring yang lebih baik, menendang yang lebih baik, teknik nafas yang tidak menguras tenaga adalah kunci seseorang bisa bermain dengan lebih baik.

bisnis ibarat main futsalStrategy itu juga penting. Apakah kita sebagai kiper, sebagai pemain tengah, sebagai striker. Ada seorang teman yang maunya jadi kiper terus. Ada juga yang tidak jelas, kadang di depan, kadang di tengah, kadang di belakang. Di bisnis ada juga yang model, all is by owner. Ada juga yang sudah mulai di delegasikan, bahkan yang lebih hebat ada yang sudah auto pilot.

Di permainan futsal prefessional malah ada tambahan coach, manager, dan kapten. Di bisnis, kita juga bisa rekrut manager, GM, konsultan, pelatih bisnis juga. Strategy mau menyerang, mau bertahan bisa ditentukan bersama.

Team Work sangat penting dalam bermain futsal. Tahu mana lawan, mana teman. Di permainan futsal akan terlihat, siapa yang bagus menggiring bisa jadi pemain tengah, yang tendangan oke pasti dipilih jadi striker. Di bisnis kita juga harus bisa merekrut orang dengan tepat. Siapa yang cermat, teliti, detail, akan diminta mengurusi audit, kontrol, dan keuangan. Yang hubungan dengan orang lain baik, outgoing bisa jadi marketing. Walau ada juga yang ngotot, walau nendang gak bisa tetap memaksakan diri jadi striker. Ya, ga papa… karena tujuannya bukan menang. Bagaimana kalau di bisnis ? 🙂

Masih ada beberapa insight lain, tapi kita break minum dulu ya…

Masih banyak artikel yang tidak kalah seru. Saya mau dong dapet updatenya. Email saya :

Delivered by FeedBurner

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s