Bisnis itu ibarat medan perang

Dalam suatu pertemuan komunitas, sahabat banyak sharing tentang “poor performance poor preparation”. Ada juga yang bilang bahwa “Gagal merencanakan adalah merencanakan kegagalan”. Dan ternyata memang banyak benarnya. Di awal bisnis mungkin tidak masalah kita langsung take action saja, tapi jika sudah mulai masuk kedalam bisnis professional, kita harus punya mindset yang lebih kuat. Dalam medan bisnis, jika kita sudah masuk tahun ke 5, tahun ke 10 dalam bisnis, dan berharap untuk terus dapat mengembangkan bisnis tentu tantangan berbeda ketika awal membuka bisnis. Survival bisnis jauh lebih berat dan menantang dalam bisnis. Bisa dibilang seperti kita menghadapi “medan perang”. Jika kita hanya berpikir untuk kerja lebih santai, melayani pelanggan seadanya, dijamin tidak lama bisnis kita akan tutup. Bagaimana menghadapi pertempuran, adalah persiapan yang matang. Di artikel ini kita akan bersama membahas 8 kunci memenangkan peperangan.

1. Memilih tim bisnis Ini sangat krusial sekali dalam bisnis.

Memilih tim, baik partner maupun karyawan adalah pekerjaan mendasar suksesnya sebuah bisnis. Kata seorang guru bisnis, memilih partner harus didasari oleh karakter yang baik. Skill dan knowledge itu dapat di upgrade. Jangan segan-segan mengganti personal jika memang memiliki karakter yang kurang pas dengan value bisnis. Hal berikutnya dalam tim, adalah pastikan masing-masing memiliki kekuatan yang berbeda. Ada yang jago marketing, ada yang hebat di produksi, ada yang expert di customer service, dll. Bisnis harus memiliki kemampuan survival yang kuat di awal, dan tim adalah asset penting dalam bisnis yang kita jalankan. Setiap individu sangat berharga.

2. Teamwork

Dalam bisnis yang dijalankan, pastikan tiap personal memiliki job desk yang jelas dan dapat diukur. Semuanya bersama-sama mengerjakan tugas masing-masing hingga tuntas. Teamwork haruslah selalu di jaga, dan salah satu kuncinya adalah aliran arus informasi haruslah terbuka.

Baca lengkap di http://annasahmad.com/berbisnis-ibarat-medan-pertempuran

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s