What we can learn from lazada

Alhamdulillah hari ini salah satu penggiat ecommerce, pak Andi S budiman dan tim kembali menggelar event #kopdarOLshop bareng RPX.

hadir 6 narasumber dari berbagai ecommerce keren. Kita coba bahas satu persatu ya. Untuk yang pertama kita akan belajar bareng dari pemain online besar di Indonesia : lazada.

What we can learn from Lazada

Semua pasti sudah ngeh perkembangan internet di Indonesia akan terus meningkat. Sudah sering disebut tentang C3000, lalu perkembangan pengguna internet, dan penetrasi mobile. Semua sudah banyak dibahas dimana-mana, tapi bagaimana lazada akhirnya sukses di ranah online?

Pendekatan lazada tentu berani tampil berbeda. Sebagai pemain besar mereka siap bertarung di Above the line, dan below the line. Pasang iklan dan advertising yang massive. Berapa budgetnya? kemaren sih tidak dipublikasikan belanja iklan, yang pasti pengiriman hari ini sudah menembus 1000 ship per harinya.

Point penting dari lazada adalah tentang pentingnya “eksukusi” dari campaign yang dibuat.
Bagaimana eksekusi yang saat ini dinilai powerful ada beberapa faktor :

1. Power of celebrity
pemasaran dengan menggunakan selebrity masih sangat powerful. Terbukti dari bundling antara LG + Suju bisa menghasilkan penjualan HP LG luar biasa. Termasuk saat lazada mencoba memasarkan CD onedirection. Selebriti dapat digunakan untuk meraih perhatian market dengan cepat.

2. Collaboration
Lazada sudah memiliki positioning kuat dengan brand-brand besar. Sehingga cukup memiliki portofolio untuk bekerjasama dengan brand besar, seperti produsen, selebrity, maupun provider telco dalam event marketingnya.

3. Underground marketing
Lazada masuk ke komunitas-komunitas di internet dengan memberikan benefit kepada komunitas itu. salah satu forum yang sangat powerful adalah kaskus. Marketing dengan konsep direct ini dibuat agar bisa langsung bertemu dengan pengguna dan mendapatkan feedback yang berharga. targetnya jelas agar marketing bisa “trough to the heart”.

Tiga point penting ini dapat membawa lazada ke posisi di hari ini.

Keren! lalu pertanyaannya jika kita pemain online “mau besar” apa yang bisa kita lakukan?
mau yang no.1? bayar selebriti? “mungkin suatu saat”
mau yang no.2? kerjasama dengan brand besar? “semoga bisa kedepannya”
mau yang no.3? ini masih memungkinkan dijalankan.

tapi ada pelajaran penting dan pasti bisa kita ambil dari kasus ini adalah : Plan your Target Audience

Bisnis online untuk UKM harus lebih fokus pada niche market. sehingga tidak berhadapan head-to-head dengan pemain besar yang kuat. Kita bisa belajar banyak dari pengalaman lazada yang bergerak sangat cepat. apa yang dapat segera kita ambil dan lakukan untuk bisnis online kita?

Masih ada 5 artikel #kopdarOLshop yang tidak kalah seru

Saya mau dong dapet updatenya. Email saya :

Delivered by FeedBurner

4 pemikiran pada “What we can learn from lazada

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s