Understanding your customer

Sesi #kopdarOLshop berikutnya menghadirkan mba nurul firiah yang dulu pernah bareng pak Andi di plasa.com saat kolaborasi bersama ebay.

Disesi artikel awal, kita ambil kesimpulan tentang planning target audience :
http://annasahmad.com/what-we-can-learn-from-lazada

berikutnya adalah bagaimana kita mengenal lebih jauh tentang karakter dari pembeli online di seluruh dunia :

A. Connected
Saat ini semua pengguna itu sangat coneected. Via search engine, social media, email. semua terhubung jadi satu. Teknology mobile sudah membuat every where, every time connected!
tidak lupa dari sisi perbankan juga sudah mulai terbuka, transfer via online juga sangat mudah. Ini membuat waktu yang digunakan untuk online sangat tinggi sekali. Ini adalah kesempatan bagi seller untuk melakukan cross selling dan upselling.

B. Discount seeker
Di internet ada juga konsumen model ini juga sangat senang. Bisa bandingkan produk di tempat A dan tempat B dengan mudah sekali. Untuk menangkap pasar ini, online shop biasanya memberikan batasan jumlah atau batasan waktu. Promo seperti free shipping juga sangat diminati discount seller.

C. Social butterfly
Setiap orang mencari review sebelum melakukan pembelian online. Sehingga cara tercepat mendapat review adalah melalui social media seperti fb dan twitter. Sehingga online shop dapat juga melakukan kampanye di social media dengan memberikan kupon diskon atau penawaran exclusive lainnya di social media.

displayBerikutnya mba nurul menjelaskan tentang standar kualitas dari display di toko online.
apa saja tuh ?

1. Deskripsi produk

Pastikan keterangan produk kita sangat lengkap. Detail ukuran, berat, panjang, dan parameter terukur lainnya. termasuk warna juga menjadi hal yang sangat sensitif. Lengkapi dengan gambar termasuk di level zoom. Di ebay konsumennya sangat cerewet, sehingga gambar pun harus upload sampai 12 gambar! dari sisi kanan, kiri, atas bawah, diisi barang, kondisi kosong, pokoknya lengkap banget hehehe!

Hindari deskripsi dalam bentuk paragraf, karena akan mudah terlewat. Buat dalam bentuk daftar dengan bullet.

2. Jalur komunikasi

Buka jalur komunikasi yang mudah dengan calon pembeli. Via email? via SMS? via call? kakaotalk? whatups?
termasuk jelaskan response time. Jika di ebay response time untuk komunikasi diusahakan maksimal dalam 48 jam. Tapi kalau di-Indonesia mungkin maunya langsung di bales ya, sehingga order kebanyakan akan lewat jalur voice call dan SMS.

4. Kejelasan traksaksi

Jelaskan mekanisme pembayaran bagaimana? via transfer? via kartu kredit? via COD?
lalu barang dikirim dulu, atau uang transfer dulu.
Berapa lama konfirmasi jika pengechekan transaksi bank masih manual (belum real time) ?

5. Kejelasan pengiriman

Jelaskan pengiriman menggunakan kurir apa, berapa lama akan siap, packaging, lalu dikirim (handling time rata-rata 24 jam), berapa lama pengiriman hingga sampai ke pembeli.

6. Term agreement & Policy

Bagaimana jika barang yang dikirim tidak sesuai? uang dikembalikan atau ganti barang?
Seperti apa syarat dan ketentuannya? berapa lama masih diijikan tukar barang?

Wow! 6 point diatas benar-benar aplikatif banget untuk bisnis online skala kecil maupun pemula.
ayo buat cek point di toko online kita apa sudah mengakomodir minimal 6 hal diatas.


masih bingung bagaimana cara implementasinya ?

simak saja contoh online shop yang kita rekomendasikan.
di ebay mereka sudah masuk top rate seller!
Positive Feedback (last 12 months): 99.8%

[sociallocker id=”363″]
________________________________________________________

ini dia yang bisa temen-temen pelajari untuk bisa aplikasikan 6 poin diatas
http://stores.ebay.com/shopatever

________________________________________________________

[/sociallocker]

Masih banyak artikel #kopdarOLshop yang tidak kalah seru

Saya mau dong dapet updatenya. Email saya :

Delivered by FeedBurner

3 pemikiran pada “Understanding your customer

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s