Berbisnis Ibarat Medan Pertempuran

Dalam suatu pertemuan komunitas, sahabat banyak sharing tentang “poor performance poor preparation”. Ada juga yang bilang bahwa “Gagal merencanakan adalah merencanakan kegagalan”. Dan ternyata memang banyak benarnya. Di awal bisnis mungkin tidak masalah kita langsung take action saja, tapi jika sudah mulai masuk kedalam bisnis professional, kita harus punya mindset yang lebih kuat.

Dalam medan bisnis, jika kita sudah masuk tahun ke 5, tahun ke 10 dalam bisnis, dan berharap untuk terus dapat mengembangkan bisnis tentu tantangan berbeda ketika awal membuka bisnis. Survival bisnis jauh lebih berat dan menantang dalam bisnis. Bisa dibilang seperti kita menghadapi “medan perang”. Jika kita hanya berpikir untuk kerja lebih santai, melayani pelanggan seadanya, dijamin tidak lama bisnis kita akan tutup.

Bagaimana menghadapi pertempuran, adalah persiapan yang matang.
Di artikel ini kita akan bersama membahas 8 kunci memenangkan peperangan.

1. Memilih tim bisnis
Ini sangat krusial sekali dalam bisnis. Memilih tim, baik partner maupun karyawan adalah pekerjaan mendasar suksesnya sebuah bisnis. Kata seorang guru bisnis, memilih partner harus didasari oleh karakter yang baik. Skill dan knowledge itu dapat di upgrade. Jangan segan-segan mengganti personal jika memang memiliki karakter yang kurang pas dengan value bisnis. Hal berikutnya dalam tim, adalah pastikan masing-masing memiliki kekuatan yang berbeda. Ada yang jago marketing, ada yang hebat di produksi, ada yang expert di customer service, dll.

Bisnis harus memiliki kemampuan survival yang kuat di awal, dan tim adalah asset penting dalam bisnis yang kita jalankan. Setiap individu sangat berharga.

2. Teamwork
Dalam bisnis yang dijalankan, pastikan tiap personal memiliki job desk yang jelas dan dapat diukur. Semuanya bersama-sama mengerjakan tugas masing-masing hingga tuntas.
Teamwork haruslah selalu di jaga, dan salah satu kuncinya adalah aliran arus informasi haruslah terbuka.

3. Rencana Kerja
Milikilah agenda kegiatan kerja, siapa yang menjadi PIC-nya dan kapan deadline-nya. Tahap planning harus bisa dijadikan sebagai brainstorming bagi kemajuan bisnis bersama.
Buat check point untuk masing masing personal, sehingga kita tahu posisi bisnis dimana, dan mampu merencanakan target berikutnya.

4. Kenali kompetitor
Ini sangat penting mengenali medan perang yang kita masuki. Mungkinkah kita bekerja sama dengan kompetitor, apa keunggulan mereka, apa kekuatan kita. Petakan dan pilih di arena perang mana yang ingin kita kuasai.
Pelajari juga peluang untuk saling berkolaborasi dengan kompetitor.

5. Memilih strategy
Apakah kita memilih menyerang secara langsung, atau menyerang dengan cepat, atau memilih menyerang dengan bergerilya? Tentu semua sangat bergantung kepada kemampuan personel, senjata yang dimiliki, pemilihan waktu mana yang paling efisien dan efektif.

Bagaimanapun kita harus memilih strategy mana yang paling cocok bagi bisnis kita, sesuai dengan kemanpuan dan medan perang yang dihadapi. Konsistenlah dengan strategy dan selalu mengukur keberhasilannya.

6. Pilih senjata yang tepat
Tiap senjata memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Memilih senjata sesuai dengan tim, rencana kerja, dan strategy yang dipilih akan menghasilkan formula yang luar biasa.

7. Ketahui kendaraan perang
Kendaraan akan menentukan kecepatan. Kita memilih menggunakan jalur darat dengan tank, atau serangan udara dengan pesawat? Kendaraan dalam bisnis itu seperti memilih beriklan di social media, atau menggunakan majalah, billboard, atau memilih menggunakan “word of mouth”?

8. Fokus
Pastikan pilih target dengan spesifik. Fokuskan semua tim dan energy pada target.

Semua telah disusun dengan rapi, tapi medan perang bisa saja menghasilkan sesuatu yang berbeda.
Apa yang harus kita lakukan?

“Briefing Ulang”

Evaluasi kembali bersama 8 step diatas.
Pastikan semua berjalan sesuai dengan target.

Apakah Artikel diatas bermanfaat?

Saya mau dong langganan. Email saya :

Delivered by FeedBurner

Satu pemikiran pada “Berbisnis Ibarat Medan Pertempuran

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s