Pelajaran Berharga Dari Kasus Pailit Pak Purdi

Membaca berita pagi ini tentang pailitnya pak purdi saya pribadi sangat kaget! bagaimana pengusaha sekelas beliau tidak melindungi dirinya sendiri dalam kasus perdata yang harusnya sangat mendasar.

beberapa berita tentang pailit beliau :
Pendiri Primagama Dipailitkan
Pengadilan pailitkan pendiri primagama
Tak Bisa Bayar Utang, PN Jakpus Pailitkan Pendiri Primagama

yuk kita kupas sedikit 3 hal penting yang bisa kita petik dari kasus diatas:

1. Memahami Hukum dan Konsekwensi Hukum
Dalam memulai bisnis, menggunakan usaha perseorangan memang sangat menggiurkan. Tidak usah bikin ijin ini itu. Yang penting bisa produksi, bisa jualan, semua-nya beres. Tetapi ketika bisnis mulai membesar dan memang ingin dibesarkan, cukup banyak hal-hal terkait hukum yang harus diurus juga.

Beberapa bulan yang lalu saya juga belajar tentang legalitas bisnis. Apa beda usaha perorangan, usaha CV, hingga usaha PT. Salah satu poin besar kasus diatas adalah bagaimana pak purdi secara pribadi dipailitkan karena beliau melakukan hutang piutang dengan atas nama pribadi. Tentu ceritanya akan berbeda jika beliau berhutang untuk bisnisnya dengan menggunakan PT.

Memahami hukum tidak saja masalah badan hukum. Termasuk kontrak kerjasama, perjanjian kerja, dan semacamnya sangat penting dikuasai sebagai pondasi bisnis. Anda bisa berkonsultasi dengan notaris ataupun konsultan hukum. Investasikan sedikit dana, agar bisnis kita tetap langgeng. Sering dalam kerjasama di awal umumnya belum menghasilkan uang, ada rasa saling percaya. Tetapi ketika bisnis membesar, biasanya mulai muncul konflik. Dengan memiliki kontrak kerjasama yang cukup detail di awal akan membantu menyelesaikan dengan saling menguntungkan.

2. Tiap Bisnis Punya Peluang Berhasil dan Gagal
Dalam dunia bisnis yang namanya gagal atau bangkrut itu biasa. Banyak sekali kisah-kisah kesuksesan, yang harus dilalui dengan kegagalan. Simak sedikit kisah Chris Gardner hingga dibuat film “The Pursuit of Happyness”. Kisah nyata kehidupan Christoper Paul Gardner. Kehilangan tempat tinggal, ditinggal istri, ditangkap polisi, tidak punya uang, kesulitan membayar kredit dan tidak berpendidikan tinggi tidak menjadikan Chris Gardner menyerah pada nasib dan kegagalan yang menimpanya. Kini dia menjadi seorang milyuner sukses.

Lengkap kisahnya lebih asyik kalau nonton langsung videonya.

Intinya, kasus pak purdi adalah hal biasa dalam bisnis dan kehidupan. Andai pak purdi adalah orang biasa, bukan motivator, bukan pengarang buku, mungkin ceritanya berbeda.

3. Pelajari Ilmu Bisnis Secara Lengkap
Fenomena wirausaha di Indonesia ini semakin ramai. Semakin banyak seminar, workshop, dan ilmu-ilmu tentang “menjadi kaya” kita temukan di mana-mana. Kita wajib memahami dunia bisnis secara penuh. Sering sekali banyak sekali ilmu yang bersifat karbitan kita temukan, dan membuat kita kehilangan akal sehat.

Sehingga tidak heran banyak sekali yang terjebak dalam money game, tertipu investasi, dan kasus kerugian baik mental maupun financial. Segala aspek dalam bisnis harus dipelajari. Aspek Legal, Keuangan, SDM, Promosi, Produksi, Distribusi, dsb.

Bergabung dengan komunitas, memiliki mentor-mentor yang telah teruji bisnis dan pengalamannya adalah salah satu cara paling mudah dalam wirausaha. Tentu mendapatkan komunitas dan mentor yang baik juga bukan hal yang mudah😛

twitter pak purdi chandraPak Purdi adalah salah satu guru saya juga dalam motivasi bisnis. Sehingga melihat kasus yang alami secara pribadi ikut prihatin dan turut berdoa semoga bangkit lagi.

Mudah mudahan kita kita bisa meminimalisir dengan pertimbangan yang matang, dengan analisa yang matang, dengan ilmu yang matang. Dan tentunya selalu berbuat baik. Sehingga bisnis kita terus berkembang.

keep learning!

Apakah Artikel diatas bermanfaat?

Saya mau dong langganan. Email saya :

Delivered by FeedBurner

3 pemikiran pada “Pelajaran Berharga Dari Kasus Pailit Pak Purdi

  1. Yang pasti dalam setiap kejadian, pasti ada pembelajaran. Bagi orang yang mau berfikir.
    Yang pasti jangan pernah menyalahkan orang lain atas nasib/keputusan yang telah kita ambil.
    Kita ambil hikmahnya saja.
    Tetap berpikir cerdas dan bekerja keras.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s