You must be Differentz…

Jum’at kemaren adalah hari full diskusi mulai dari pagi sampai malam dengan sahabat-sahabat seperjuangan (baca pengusaha). Kita membahas banyak mulai dari aspek permodalan, model-model kerjasama, produksi, delivery, dan tentu tidak kalah juga aspek pemasaran dan strategi bisnis.

Dari berbagai diskusi itu saya pribadi mengambil sedikit garis merah akan kunci penting dari sebuah bisnis adalah kemampuan untuk menjadi BERBEDA. atau bahasa kerennya DIFFERENT.

Tidak peduli bisnis besar atau kecil, semuanya harus memiliki kemampuan untuk “be different”. Karena berbeda itu selalu menarik perhatian, mencuri lirikan. Coba perhatikan beberapa iklan yang menonjol, selalu ingin menampilkan dirinya berbeda dengan yang lain.

Sahabat saya berkisah tentang warung kecil yang tetap hidup walau di kanan-kiri-nya sudah ada indomaret, dan alfamart. Bahkan di depannya sekarang di bangun supermarket Giant. Pasti kita berpikir tidak lama lagi warung itu pasti mati, lha yang dijual juga sama dengan kanan-kiri-depannya! Barangnya sama, jual rokok, minuman dingin, kacang, snack-snack.

Tapi walau yang dijual sama, si pemilik warung sukses membuat perbedaan. Dia jualan rokok-nya eceran. Boleh beli 1 batang. korek api juga digantung silahkan pakai gratis. Tambah jualan kopi panas atau extrajoss dingin yang siap dinikmati. Tambahannya jualan nasi bungkus murah, hanya Rp.1500 / bungkus. Bisa nyomot gorengan anget yang baru saja di goreng.

Ini yang bikin tambah rame, ditambah layanan pijit / refleksi!
Pas banget buat para driver yang lagi nunggu majikannya belanja.
So smart!

Ya kombinasi sempurna antara pemilihan produk, segmentasi pasar, nilai tambah dan harga. Membuat warung ini bertahan. Semoga beliau terus berinovasi agar warung-nya juga makin rame dan bisa menghidupi keluarganya.

Ayo aplikasikan di bisnis kita, jangan sampai ketinggalan!!!

Iklan

2 pemikiran pada “You must be Differentz…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s