Web site-ku kok gak ada pengunjungnya ?

Hari gini masih nanya kok pengunjung websitenya gak ada?
Kemana aja brur…!

Ups sorry ya… #tetapsemangat

Ilmu dasar tentang visitor ini memang sudah cukup lama dan banyak sekali di bahas di blog, bahkan diangkat jadi tema seminar dan workshop bisnis online. Tapi tentu masih banyak startup dan yang pengen belajar bisnis melalui internet bertanya-tanya.

Ya, karena sekarang hampir semua orang sudah masuk ke internet. Bahkan kemaren tukang ojek aja nunggu penumpang sambil mainan tablet android! #keren #c3000. mantap ya…

Kembali ke topic, “semua orang sudah masuk dan akses ke internet, tapi kok visitor saya tiap hari hanya 5-10 orang? kadang kadang malah cuma 1 sih?” jawabnya : karena belum tahu aja caranya! alhamdulillah sadar dan segera bertanya. Good!

Pengunjung di internet, atau istilah keren-nya adalah = TRAFFIC. Catet!
Artinya adalah seberapa banyak orang datang ke web site kita. Istilahnya = VISITOR. Catet lagi!
kalau trafficnya ramai, harusnya visitornya banyak. simple.
*urusan visitor-nya robot atau orang dibahas belakangan ya….

Sekarang target dari dibangunnya web, toko online, atau bisnis internet adalah bagaimana mendapatkan traffic dan kedatangan visitor. Ibarat kita punya toko itu pengunjungnya ramai, banyak yang lihat, banyak yang tanya, dan tentu harapannya banyak yang beli jasa atau produk kita.

Bagaimana mendapatkan traffic itu?
Secara umum, ada 3 jenis traffic :
1. Organic traffic
2. An-organic / paid traffic
3. Direct traffic

sumbernya di http://support.google.com/analytics/answer/1247841?hl=en

Kita bahas dulu tentang organic (search) traffic ya.
Organic traffic ini kebanyakan datang dari search engine, seperti google, yahoo, dan bing. Ketika kita mengetik “kata kunci”, maka akan muncul beberapa web yang dihasilkan dari pencarian tersebut. Jika kita memilih suatu web dari hasil pencarian, maka web akan mendapatkan organic traffic. Semakin tinggi rangking kita pada suatu “keyword”, akan semakin besar peluang kita mendapatkan pengunjung.

Selain dari search engine (SEO), organic traffic saat ini juga dapat diperoleh dari social media seperti twitter, facebook, dan youtube. Selain itu dari backlink web site lain juga merupakan bagian dari organic traffic.

Apa untungnya Organic Traffic?

  1. Gratis. Kita tidak perlu bayar, cukup lakukan optimasi dan SEO
  2. Bisa untk jangka panjang. Jika kompetisi relatif longgar, maka web kita akan bertahan berbulan-bulan bahkan bertahun tahun di halaman pencarian search engine.
  3. Meningkatkan kredibilitas. Dengan berada pada posisi di rangking 1 google, tentu meningkatkan kredibilitas dari web site kita. Dan tentu google hanya memilih web yang baik untuk tampil di rangking atas.
  4. Bisa menghasilkan uang. Kita bisa berjualan produk kita sendiri, menjual produk orang lain (affiliate), atau bisa juga menjual space yang disewakan jika pengunjung tertarget kita cukup banyak.


Apa ada kekurangannya?

Tentu ada saja. Organic traffic itu tidak bisa instant. SEO membutuhkan waktu. Berapa lama? tentu tergantung kata kuncinya. Untuk kata kunci kelas menengah yang menghasilkan biasanya butuh waktu antara 2-3 bulan. Pengen cepat dapet pengunjung? bayar saja adword atau PPC lainnya.

Selain itu tentu SEO itu membutuhkan skill, baik secara teknik penulisan maupun programming. Tapi jangan takut, saat ini banyak sekali tersedia tools yang membantu kita untuk mendapatkan optimasi SEO dengan lebih mudah.

Dalam membangun suatu bisnis online, sebaiknya kombinasi dari 3 sumber traffic diatas. Berapa langkah sederhana yang dapat kita lakukan :
1. Optimalisasi web bisnis kita dengan SEO, sesuaikan keyword-nya
2. Gunakan email dan social media, fb, twitter untuk mempromosikan web dan produk kita
3. Anggarkan sedikit biaya marketing untuk fb ads, adword, atau PPC lainnya.
4. Manfaatkan offline marketing dengan mempromosikan web kita di materi-materi promosi
5. Perkenalkan web kita via SMS, BBM, line, whatsup, …
6. Manfaatkan forum, kaskus, detik forum untuk mendapat traffic
7. Pasang juga artikel di marketplace seperti tokobagus.com, bukalapak.com, tokopedia, dll

kalau masih belum ada pengunjungnya juga silahkan kontak saya via form dibagian bawah.
pasang juga komentar di artikel ini untuk mendapatkan tambahan visitor ya
enak tenan…

2 pemikiran pada “Web site-ku kok gak ada pengunjungnya ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s