Melek Financial? apa tuh…

Beberapa minggu terakhir ini banyak teman-teman pengusaha yang membahas tentang melek financial, atau sering juga disebut bahasa kerennya financial literacy. Tentu untuk bisnis dan personal, membutuhkan tingkat pendalaman financial yang berbeda. Untuk kebutuhan pribadi beberapa hal mendasar yang dikuasai adalah :

Bertanggung jawab atas keputusan keuangan
Ketika kita sudah memasuki masa kuliah, seringkali orang tua kita sudah mewanti-wanti untuk lebih memperhatikan masalah keuangan pribadi. Temen-temen yang kuliah di luar kota, luar pulau, atau luar negeri, rata-rata memiliki tanggung jawab yang lebih besar terhadap keuangan. Semakin dini orang tua mengajarkan konsep pertukaran barang dan uang pada anak maka berbagai informasi terkait keuangan akan lebih cepat diterima. Bagaimana membeli, bagaimana menjual adalah skill dasar dalam keuangan.

Merencanakan dan mengatur keuangan
Pernahkah teman-teman merencanakan membeli sesuatu yang cukup mahal? lalu harus menyisihkan sebagian pendapatan, atau gaji, ataupun uang saku? Nah disini ilmu merencakanan dan mengatur keuangan dimulai. Ditingkat yang lebih tinggi, pencatatan akan rencana pengeluaran dan tabungan sangat membantu mengembangkan sistem keuangan pribadi. Di tahap ini biasanya sudah mengenal beberapa metode pembayaran. Untuk yang berkeluarga seringkali mulai mengembangkan ketrampilan negoisasi.

Kredit dan debit
Skill ini adalah skill berhutang. Memahami apakah sudah layak untuk mendapatkan pinjaman dari perbankan? penting pula mengetahui beda hutang konsumtif dan hutang produktif. Sadar akan untung-rugi dalam berhutang, serta masalah hukum dasar perlindungan konsumen dalam kredit atau hutang. Dalam beberapa seminar kartu kredit dan hutang, ada beberapa pasal-pasal dalam kartu kredit yang mencengangkan, termasuk ngemplang! tentu itu termasuk aliran hitam lho, dan konsekwensinya tentu di blacklist atau kena call BI checking hehehe….

Mengelola resiko dan asuransi
Hidup tidak mungkin bebas resiko. Sakit, bencana alam, kematian, dan berbagai resiko tentu perlu dikelola. bagaimaan strategy mengelola resiko yang efektif dan efisien? Apakah perlu membeli asuransi unitlink?
Selain asuransi jiwa, perlu juga memahami jenis asuransi lain seperti asuransi property, asuransi kebakaran dan asuransi kendaraan.

Menabung dan investasi
Tahukah kita apa beda menabung dan investasi? Apa untung-ruginya?
Ini pembahasan yang sangat menarik ya, apalagi kini marak berbagai penawaran investasi. Tentu dengan dasar memiliki tujuan financial, maka kita perlu merencanakan teknik menabung dan investasi yang benar.
Pahami berbagai alternatif-alternatif investasi, mulai dari bisnis, property, emas, reksadana, saham, forex, atau bahkan penting mengetahui skema-skema money game agar tidak terjebak dalam investasi bodong.
Pengetahuan tentang pajak dan pembukuan sudah harus mulai diterapkan. Tidak kalah penting juga memahami masalah hukum serta mengetahui fungsi lembaga-lembaga yang memberikan perlindungan bagi para investor.

Pendapatan dan Karir
Mau menjadi wiraswasta ataupun berkarir secara professional adalah pilihan masing-masing. Kalau kata beberapa motivator itu mencari passionnya. Nah disini melek financial artinya harus mampu membuat rencana karir maupun bisnis plan seara sedarhana. Bagaimana cara meningkatkan penghasilan dengan cara-cara yang benar dan tidak melanggar hukum.

Semoga dengan menguasai 6 hal diatas kita mampu memahami financial di tingkat yang paling dasar.
Ayo sharing juga pengalaman financial anda disini…

Annasahmad
ex financial consultant

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s