Bagaimana Cara Bisnis Online Yang Benar ?

Judul diatas ini sangat banyak ditanyakan ketika kumpul kongkow-kongkow di komunitas bisnis. Tentu pertanyaan ini makin marak ketika ada teman yang baru saja bayar jutaan rupiah untuk ikutan kursus bisnis online.

Sudah ikut kursus / training / workshop bisnis online, lalu nanya lagi. Bagaimana sih cara bisnis online ? Lalu ngapain aja sepanjang ikutan acara itu? hehehehe…. kalau kata tung desem dia ini kemungkinan “nglonjor” => ngelamun jorok. hush!

Dari pada pusing, mendingan yuk kita kupas bareng-bareng. Saya sendiri mulai 2004 ini belajar terus tentang bisnis online. Dan benar sekali yang dikatakan guru saya, bahwa semakin kita belajar, maka akan terasa kita makin bodoh. So, sampai hari ini saya terus belajar dari pengalaman teman-teman. Ikutan seminar, workshop, mulai dari yang sepuh-sepuh maupun temen-temen yang baru saja lulus SMA.

Pengalaman akan berbicara.
Mengikuti seminar dari pembicara senior, yang bisnisnya sudah mapan, tentu berbeda dengan ikut acara dari pemain baru yang baru saja berusaha eksis. Pembicara baru, walau sudah menghasilkan uang dari bisnis melalui online, tapi kebanyakan bisnisnya tidak sustain. Bisnis yang hanya boom sesaat saja. Apakah mereka berbohong? yang ini sih saya tidak tahu, tapi dari pengalaman saya pribadi bisnis model affiliasi, PTC, dan model-model seperti itu sangat rentan dan sulit dijadikan penghasilan dalam jangka waktu panjang.

Akhir tahun lalu teman-teman yang fokus di PPC kedodoran karena google mengupdate algoritma-nya. Ya, yang kita kenal dengan panda dan penguin. SERP bertahun-tahun telah dibangun pun rontok, dianggap spamming, dan lebih parah ada beberapa web di banned! So dunia persilatan PPC dan PTC pun berubah.

Sedangkan bisnis online yang tradisional, seperti jualan produk di toko online, jualan jasa, sejauh ini jauh lebih tahan terhadap berbagai perubahan di jagad online. Tentu jika kita tahu caranya!

Lalu bagaimana sebenarnya cara bisnis online yang benar?

Pertama, mulailah dari pasar. Seorang pemilik bisnis online mesti tahu target market, kebiasaan pelanggan, dan barang apa yang mereka inginkan. Disini tentu penguasaan membaca trend sebuah bisnis dan intuisi bisnis yang kuat. Sahabat saya Mas Denny sukses besar dengan menjual produk supplemen fitness, beliau menceritakan pentingnya untuk memulai bisnis dari market.

Temui ceruk pasar itu, berkomunikasilah dengan pelanggan atau calon pelanggan anda dan berikan informasi yang bermanfaat, lalu tawarkan produk pada segmen yang tepat.

Cara paling awal adalah melakukan riset. Dalam riset ini sangat penting untuk melihat :
– Apakah produk dan jasa anda ada yang mencari
– Bagaimana persaingan dan kompetisinya

Buatlah terlebih dahulu daftar keyword serta data-data pendukungnya, lalu jangan lupa tentukan siapa target market anda, gendernya, hobinya, lokasinya, sehingga kita dapat membidik niche yang tepat.

Kedua, kemampuan eksekusi. Bisnis online tidak hanya bicara masalah programming, membuat website, dan SEO saja. Pelayanan, delivery produk dan jasa sama pentingnya dengan bisnis offline. Bagaimana melayani calon pembeli dan melayani permintaan pelanggan setiap hari. Hal ini sangat penting, karena bagaimana pun kenyamanan dan rasa aman dari pelanggan adalah yang utama. Setiap ada problem yang dihadapi seperti pengiriman barang, logistik, ataupun harus dicarikan solusi yang tetap mengutamakan pelayanan.

Ketiga, nilai tambah. Banyak sekali trik tertentu untuk mengikat pelanggan, seperti memberi janji yang bermanfaat berupa ketepatan waktu pengiriman, garansi, atau bahkan diskon. Kita sesekali bikin kontes atau kampanye, bisa juga memberi penawaran di hari-hari tertentu. Pelanggan di internet sangat sekali mudah tergoda untuk berbelanja di tempat lain, sehingga kita harus memiliki nilai tambah kenapa pelanggah harus belanja di toko online kita.

Nah, coba evaluasi kembali mulai dari langkah pertama. Anda dari pemilik produk / jasa, atau anda akan mengambil peran sebagai pemasar saja?

Satu pemikiran pada “Bagaimana Cara Bisnis Online Yang Benar ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s