Pengalaman Mencairkan Dana Jamsostek

Kantor jamsostek rawamangun
Kantor jamsostek rawamangun

Alhamdulillah akhirnya belajar (baca:kerja) 7 tahun di astra masih ada yang tersisa. Apa tuh? selain ilmu pengetahuan, pengalaman, jaringan kerja, ternyata masih ada dana pensiunan dari Jamsostek. hehehe

Saat resign 15 bulan yang lalu, saya langsung mencairkan dana YDPA, atau dana pensiun yang dikelola oleh group astra sendiri. Saat itu saya sebenarnya tahu kalau ada juga dana dari jamsostek, tapi masih belum kepikiran untuk mencairkannya. kenapa? di benak saya kalau urusan dengan pihak seperti itu ribet, lama, antri.

Kemaren saya diingatkan lagi setelah diskusi masalah asuransi dan jaminan kesehatan untuk karyawan, di dompet masih tersimpan rapi kartu jamsostek yang sudah nganggur hampir 9 tahun lamanya. Akhirnya segera selidik, ada berapa sih sisa dananya?
kalau masalah cek saldo jamsostek bisa simak di tulisan berikut :
https://annasahmad.wordpress.com/2013/04/18/cek-saldo-jamsostek/

Nah sekarang adalah tahap pencairannya. ada beberapa kriteria penting yang harus dicatat sebelum mencairkan dana jamsostek : Usia 55 tahun.

Wah saya kan pensiun dini, bagaimana dong? BISA.
asalkan sudah memenuhi masa kepesertaan 5 tahun telah melewati masa tunggu 1 (satu) bulan terhitung sejak tenaga kerja yang bersangkutan berhenti bekerja. Cara melihatnya cek saja di kartu jamsostek tertera bulan dan tahun bergabung.

jika kita sudah bergabung jamsostek selama 5 tahun kita berhak mencairkan dana pensiun 1 bulan setelah kita resign. Bukan 5 tahun setelah resign ya….

Dokumen lain yang perlu dipersiapkan untuk mencairkan dana jamsostek adalah :
a. Kartu jamsostek asli
b. KTP asli dan foto kopi
c. KK asli dan foto kopi
d. Dokumen pendukung seperti surat nikah / sim / paspor
e. Buku tabungan dan fotokopi bagian depan
f. Asli dan Photocopy surat keterangan berhenti bekerja dari perusahaan

Siapkan semua dokumen lengkap ya. jangan ada yang ketinggalan.

Lalu dimana saya bisa menyerahkan dokumen tersebut? Bisa disemua cabang jamsostek. Karena semuanya sudah online. Karena saya tinggal di jakarta timur, ya pilih saja yang terdekat di :

Kantor Jamsostek Jakarta Timur
Kantor Cabang Rawamangun
Jl. Pemuda Kav.10 No. 90
Jakarta Timur
Tel. (021) 47868141 s/d 43
Fax. (021) 47867071
Status Kantor: Cabang I

bannerkarrir

lengkap sama petanya!

Tips mencairkan dana pensiun jamsostek

  1. Datanglah pagi hari. Kantor sudah buka jam 8.00. Sebaiknya datang jam 7.45.
  2. Kelebihan datang pagi adalah : antrian di jamsostek bisa sampai 60 orang di depan kita, dan kalau kita datang pagi, siang itu bisa langsung cair.
  3. Datang ke kantor, isi form 5
  4. Siapkan map dokumen
  5. Jangan lupa minta nomor antrian
  6. Selama menunggu silahkan ngobrol sesama pensiunan! ini seru banget dan bisa saja ada peluang bisnis yang bisa dikerjakan bersama-sama.
  7. Dana bisa pilih tunai, tapi kalau nilainya besar sebaiknya transfer saja. Gunakan Bank BNI, karena jamsostek sudah online dengan BNI. Penggunaan bank lain membutuhkan fotokopi buku tabungan dan butuh waktu 7 – 10 hari kerja.

Semoga tulisan ini bermanfaat buat para pensiunan, siapa tahu kita bisa kolaborasi membuat bisnis bersama. Seru kan!

Jika pembaca mendapatkan manfaat dari tulisannya, bagi “like” dan share-nya dong….

Mau Seperti Reisa?

“Thanks to @oilrookiejkt for the VICO oil yg bagus banget. Selain bisa dipakai langsung, aman utk kulit bisa jg dipakai utk melindungi kulit sensitif kalau lagi mau oles minyak EO.
Reisabrotoasmoro, Host dr. OZ Indonesia

raisa vico bagoesemailmataharimall

85 pemikiran pada “Pengalaman Mencairkan Dana Jamsostek

  1. saya bekerja sudah 6 tahun lebih,dan sampai sekarang saya masih bekrja,pertanyaan saya….apkah saldo jamsostek saya bisa di cairkan,sementara saya sekarang masih bekerja di perusahaan yang sama,mohon jawabanya…

      1. numpang share,,,kalau masih bekerja di perusahaan yang sama, dana Jamsostek tidak bisa dicairkan.
        Dan kalau sudah berhenti bekerja, kepesertaan jamsostek harus minimal 5 tahun dan melewati masa tunggu.
        Kalau dulu, masa tunggu 6 bulan, sekarang jadi 1bulan ya?

        thanks info menariknya mengenai jamsostek.

        btw, bila butuh info mengenai pencairan Dana Pensiun/DPLK, bisa kontak saya.

        Thanks

        farrie@gmail.com
        farrie(at)gmail.com

  2. Kalau ingin mencairkan Jamsostek, minimum 5 tahun sejak resign dari tempat kerja. Kurang dari 5 tahun setahu saya tidak diperbolehkan mencairkan dana.

  3. gan kalau mw nyairin jamsostek, tp kartu jamsosteknya hilang, trus gmn tuh gan,? apa bisa di urus,, gara2 copet sialan nih gan.,

  4. dlu saya kerja di tangerang,skarang saya tinggal di sukabumi..apakah bisa pencairan di lakukan di kantor jamsostek cabang sukabumi?
    mohon bantuanya

  5. kalo kita sudah bekerja selama 1 tahun di perusahaan A, kemudian pindah ke perusahaan B, tapi perusahaan B tidak ikut jamsostek. Apa masih bisa dicairkan setelah 4 tahun ke depan? Maksud kepesertaan 5 tahun itu bagaimana ya?

  6. Masa kepesertaan saya genap 5 tahun 8 desember 2013, saya sudah resign 1 thn lalu dan tdk pakai kartu jamsostek lagi, apakah saya bisa mencairkan setelah tanggal 8 des nanti? Apa harus ada masa tinggu?

  7. Masa kepesertaan saya genap 5 tahun, 8 desember 2013 nanti, saya sudah resign 1 thn lalu dan tdk pakai kartu jamsostek lagi, apakah saya bisa mencairkan setelah tanggal 8 des nanti? Apa harus ada masa tunggu?

  8. Kalau pertama jadi peserta tanggal 1 Januari 2008, maka bila ingin mencairkan dana paling cepat tanggal 1 Januari 2013, dengan catatan sudah tidak bekerja lagi
    Kalo Mas Vick, 8 Des udah bisa dateng ke kantor Jamsostek untuk urus pencairan JHT.
    Kalo Mbak Putri, dananya bisa cair kalau kepesertaan sudah lewat 5 tahun. Asal, bila bekerja di perusahan baru yg ada Jamsostek, buat account Jamsostek yg baru, jangan melanjutkan yg lama. Masa kepesertaan dihitung dari hari ini dikurangi tanggal pertama jadi peserta Jamsostek.

    1. silahkan, lebih banyak yang tanya dan jawab pasti lebih oke. di web ini ada ratusan orang datang setiap hari untuk bertanya masalah jamsostek lho…

  9. Saya dapat info harus tunggu 5 thn 1 bulan baru bisa dicairin, tp kalo 8 desember udah bisa cair, wah kabar baik itu, btw info lg dong kantor jamsostek yg ngga ribet/di persulit u/ pencairan JHT dimana yah? Buat @ mas farrie thanks udah bantu sharing info nya.

  10. Saya dapat info harus tunggu 5 thn 1 bulan baru bisa dicairin, tp kalo 8 desember udah bisa cair, wah kabar baik itu, btw info lg dong kantor jamsostek di jakarta yg ngga ribet/di persulit u/ pencairan JHT dimana yah? Buat @ mas farrie thanks udah bantu sharing info nya.

  11. Keanggotaan saya dari 21 desember 2008, non aktif (tdk kerja) dari july 2012, pertanyaan sy apakah setelah 21 desember 2013 (pas 5 thn) dana JHT sudah bs dicairin? Apa harus ada masa tunggu 1 bln samapai (january’14)? Maksudnya 1 bln masa tunggu itu, 1 bln setelah non aktif atau 1 bln setelah 5 thn keanggotaan? trims

  12. wah kebetulan skali info spt ini yang sedang saya cari, saya baru akan mulai ngurus pencairan tapi mencari kartu asli jamsostek gak ketemu hilang maklum sdh masa kerja 23 tahun 01 bulan….. kalo ngurus kartu hilang ribet gak ya mas, tks

  13. Kalau kartu hilang, bikin surat laporan kehilangan di kantor polisi. Kalau bisa, di surat laporan kehilangan itu, cantumkan nomor peserta Jamsostek. Untuk nomor peserta, bisa cek ke kantor Jamsostek terdekat, tinggal inform nama/tanggal lahir.

  14. satu lagi bertanya….kan ada berita bahwa dana yang sampai akhir tahun 2013 diurus/dicairkan maka dana tsb akan diserahkan ke dinas sosial gitu…nah apakah yg dimaksud itu termasuk dana pensiun yang akan saya urus itu…tks atas infonya

  15. sorry maksudnya dana yang sampai akhir tahun 2013 tidak diurus/dicairkan maka dana tsb akan diserahkan ke balai harta peninggalan (BHP)- atau batas akhir pengurusan s/d desember 2013… maksudnya gmn ya pak, tks

    1. Saya belum pernah dengar berita ini. Harusnya sih gak mungkin dana kita diserahkan ke BHP.
      Yang pasti, akhir 2013 nanti, Jamsostek berubah bentuk menjadi BPJS

  16. Mas fahrie atau mas anas. Kalau mau mencairkan dana JHT jamsostek tetapi tidak punya surat paklaring gmn? Msh bs tdk untuk dicairkan?

    1. Setahu saya, tanpa paklaring/surat berhenti bekerja, tidak bisa dicairkan. Karena salah satu persyaratan pencairan JHT adalah: berhenti bekerja. Jamsostek butuh paklaring untuk memastikan bahwa peserta sudah berhenti bekerja.

  17. Mas farrie atau mas annas, tny lg keps dr 01/12/08, sdh non aktif dr 07/12, (sdh tdk bekerja tp masa bekerja kurang dr 5 thn) tgl 15/12/13 sdh jht bs di cairkan? Sy telp call centr susaah.. Btw Maksud itungan 1 bln masa tunggu di hitung dr keps non aktif atau 1bln setelah keps 5 thn ya? Tks

    1. Masa tunggu 1 bulan itu, dihitung sejak terakhir berhenti bekerja.
      Jadi persyaratannya sudah berhenti bekerja minimal 1 bulan dan sudah jadi peserta minimal 5 tahun.

  18. mas annas ahmad, tks banget dengan menyimak dan menuruti apa persyaratan yang mas sampaikan minggu lalu itu….wah urusan di jamsostek super-super lancar krn lengkap tidak ada yang kurang langsung proses….tks

  19. mo tanya mas…kalo data nama ibu kandung salah nulis,contoh..fitri saputri jadi fitri siti saputri..apakah bisa d cairkan mas?

  20. Pagi mas,,maaf mas saya mw tnya ni ,,klo masa krja sdh 10 thun trs saya resign baru kmrin tgl 17 april ,,apakah itu hrs tgu 1 bln ,,karena saya skrg lg butuh untuk berobat,pertnyaan saya apakah ada jalan klwrnya mas,,trma kasih,,tolong infonya mas,,,,

  21. Betul Mas Muslih, teorinya harus tunggu 1 bulan dari 17 April.
    Prakteknya sih, bisa dicairkan di awal Juni.
    Jamsostek biasanya melihat di pembayaran Iuran Jamsostek berikutnya, apakah iuran Pak Muslih masih dibayarkan perusahaan atau tidak. Bila sudah tidak dibayarkan, maka akan proses pencairannya dengan Catatatn Pak Muslih tidak bekerja di tempat lain.
    Coba cek ke Kantor Jamsostek terdekat, untuk info lebih detil

    1. Dear Pak Yudis, saat ini sudah tidak bisa dicairkan kalau Bapak sudah bekerja di perusahan baru.
      Ada kebijakan baru di BPJS Ketenagakerjaan (dulu Jamsostek), dana JHT tidak akan cair bila peserta masih bekerja. Jadi, saat peserta mau mencairkan JHT, BPJS Ketengakerjaan akan mengecek data peserta. Bila peserta masih ada iuran masuk ke BPJS, berarti tidak bisa mencairkan JHT.

  22. mas mo nanya,masa kerja 23th dan sy resign tgl 1 mei 2014 dari kantor sy di jakarta,sekarang sy dipurwokerto jateng. bisakah proses pencairan dana jamsostek sy lakukan di cab purwokerto? tgl 2 juni 2014? mksh……..

  23. @Pak Tri, pencairan bisa dilakukan di Purwokerto.
    Mengenai tanggal pencairan, intinya Jamsostek akan mengecek di pembayaran iuran Jamsostek di bulan Mei, apakah Iuran Pak Tri, masih disetorkan perusahan atau tidak. Harusnya di 2 Mei sudah bisa mengajukan pencairan.

    1. Untuk pencairan JHT Jamsostek, biasanya Paklaring cukup diteken HRD Head. Tapi, untuk lebih pastinya tanyakan ke kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat

  24. Saya mulai krja tgl 2 feb 2010,lalu resign pd bulan april 2012..yg saya mau tanyakan,utk dana jht apa sdh bs dicairkan?mengingat masa kepesertaan jamsosteknya sudah lebih dri 5th dri awal msk krja..mohon bantuannya,trims.

  25. Kalau masa kepesertaan Jamsostek sudah lebih dari 5 tahun dan saat ini tidak bekerja dan terdaftar sebagai peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan maka bisa mencairkan JHT Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan

  26. saya mau tanya kalau kartu jamsostek terdaftar bulan april 2010 berhenti kerja tahun 2012 apakah sekarang bisa di cairkan

  27. Belum bisa dicairkan.
    Persyaratan untuk bisa mencairkan:
    1. Masa kepesertaan sudah lebih dari 5 tahun
    2. Saat mencairkan, sedang tidak bekerja
    3. Melewati masa tunggu 1 bulan sejak berhenti bekera

  28. kan sudah lebih dari 5 tahun kartu nya terdaftar itu tahun 2010 sudah berhenti kerja tahun 2012 dan sekarang 2015 apakah masih belum bisa di cairkan

    1. Maaf,,, salah lihat tahun.
      Kalau terdaftarnya 1 April 2010 dan saat ini belum bekerja (tidak jadi peserta BPJS Ketenagakerjaan), maka sudah bisa mengurus pencairan JHT ke BPJS/Jamsostek.

      1. Berhenti kerja tanggal 9/7/2012 yang tertera di kartu jamsostek 04/2010 jadi tanggal berapa bisa dicairkan mohon inform

  29. Trimakasih bulan kemaren saya udah pernah pergi ke kantor jamsostek katanya bulan 4 sudah bisa di cairkan tapi mereka tidak mengatakan tanggal

  30. Maaf mas saya mau tanya, kartu jamsostek saya april 2010,,saya berenti bekerja bln desember 2014,,skrg sdh bln 4 ,,apakah awal bln 5 2015 nanti ud bs dicairkan??

    1. Bila saat ini belum bekerja kembali, harusnya bisa mencairkan dana JHT di bulan Mei nanti. Karena sudah 5 tahun kepesertaan

  31. maaf mas saya mau nanya.. klo paklaring asli’a hilang cmn ada foto copyan’a gmn bisa ga ?? sedangkan pt’a sudah tutup.. trus KK’a jga cmn adaa copya’a gmn th mas bisa diambil ga ????

  32. Mas kalo saya tdk punya surat keterangan berhenti kerja krna waktu berhenti ada masalah dgn kantor jd saya tdk diberi surat refrensi kerja.. terima kasih

    1. Harus ke HRD dan minta surat keterangan berhenti bekerja karena merupakan salah satu syarat administrasi di BPJS Ketenagakerjaan. Atau, bisa tanya ke CustomerService BPJS Ketenagakerjaan (dahulu Jamsostek) mengenai hal ini

  33. klo saya cuma bekerja 1 tahun tapi sudah non aktif selama 5 tahun dan tidak terlibat lagi di jaamsostek apa bisas di cairkan.. apa jam sostek makan duit rakyat juga

  34. Per 1 Juli 2015, ada aturan baru dalam hal pencairan JHT – BPJS Ketenagakerjaan (dahulu Jamsostek). Pencairan baru bisa dilakukan setelah 10 tahun kepesertaan, dengan catatan:
    – Maks. 10% dana yg bisa cair, untuk persiapa hari tua, atau
    – Maks. 30% untuk membantu pembiayaan perumahan

    Kalau ingin mencairkan 100% hanya bisa bila peserta telah pensiun/berhenti bekerja dan mencapai usia 56 tahun, meninggal dunia atau cacat total tetap.

    Jadi, sepertinya Mas Ade belum bisa mencairkan JHT saat ini.
    Maaf, baru dapat update dari teman yang kebetulan berkunjung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan.

  35. Mas saya tanya saya sdh 4thn kerja.trs resign selamab1 thn nganggur setelah it saya skrng sdh bekerja kembali derusahan lain.tapi jamsostek lama tdk diterusin.jd bwt jamsostek yg baru.yg mw sy tanyakn jamsostek yg lama ap bs d cairin??trs klo ga bisa ap tidak hangus ya danany??soalnya kan sdh berhnti jamsostek yg lama.mohon jwbnyavd tnggu🙂

    1. Mas Taufik,

      Jamsostek yang lama tidak bisa dicairkan, karena saat ini Mas Taufik sudah bekerja dan belum mencapai usia 56 tahun.
      Namun dana tidak hangus dan tetap akan berkembang.

  36. bang @Farrie : laaaaaahhh, gila kali ya perusahaan.
    nunggu 10 taun, brrt sy nunggu 5 taun lagi dong.
    keburu saya kayaaaa..

    tibang duit 3juta nunggu ampe 10 taun.. huuuuhhh alahhhhh 😈😈😈😈

  37. Mas ..kepesertaan jamsostek saya Dari 07-2010 kemudian resign 2012, bulan September ini bermaksud mengurus untuk pencairan JHT, status saya sudah tidak bekerja lagi. Dengan perpu revisi terbaru apakah masih Bisa dicairkan ? Mohon infonya

  38. Mas, sy mau cairkan jht, tetapi surat referensi kerja nya tdk ada, karena perusahaan itu sudah pindah, dan sy tidak tahu alamat terbaru nya, hrd n spv nya sy hub tetapi sudah pada tdk bkerja di perusahaan itu, dan mereka pun tidak tahu alamat terbaru perusahaan itu, lalu apakah bisa memakai surat PKWT karena tidak ada surat referensi nya, tlg di jwb terima kasih

  39. Mau tanya mas . Kepesertaan jamsostek saya 12-2011. . Saya sudah tidak bekerja dr tahun 2014. . Nah apakah skrg sudah bisa di cairkan.??
    Kalo kata teman saya sih sudah bisa. . Mohin pencerahan nya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s