Passion atau Cashflow

Tulisan ini hanya sharing pengalaman pribadi. Bukan masalah benar-salah, selebihnya kembali ke pembaca.

Sebelumnya kita bahas definisinya dulu yuk.

Passion adalah gairah, keinginan, hasrat, panggilan hati.
Casflow adalah aliran dana yang kita butuhkan untuk memenuhi kebutuhan sehari hari, serta menjalankan roda bisnis.

Sebenarnya tidak ada hubungan langsung antara passion dan cashflow,
yang menarik di seminar atau workshop kewirausahaan adalah berbisnis dengan mengandalkan passion. Sampai disini jika kita mengacu pada definisi diatas jelas pas banget. Artinya, di bisnis apapun kita harus menjalanakan dengan penuh gairah, dengan 100%.

Tapi jika kita sebagai pemula dalam bisnis, yang masih sibuk mencari mau bisnis apa, masih coba sana, coba sini, sebaiknya lebih dahulu mempertimbangkan cashflow dibandingkan panggilan hati. Lalu bagaimana cashflow ini berjalan? tentu fokuslah terlebih dahulu pada market.

Dengan bisnis startup yang fokus pada market, maka akan dengan mudah menghasilkan cashflow. Hindari mengatakan saya tidak hobi di bidang itu, itu bukan panggilan saya di awal bisnis. Karena begitu kita jalankan bisnis berorientasi market, lalu menghasilkan cashflow yang lumayan, pikiran kita akan berubah!

Jika kita bisnis pemula lebih orientasi terhadap passion dalam arti apa yang kita inginkan, kita senangi, tetapi ternyata ceruk pasar sangat kecil atau kompetisi sudah sangat ketat. Maka akan sulit kita mendapatkan penghasilan dari bisnis tersebut.

Tentu beda, jika kita sudah mendapatkan penghasilan rutin dari bekerja atau bisnis yang sudah berjalan. Pasti dengan enteng lebih enak bisnis dengan passion. Yang pasti kehidupan kita sehari-hari, untuk anak dan istri telah terpenuhi.

Nah jika dalam kondisi nothing to lose, tanpa beban, disana kita senang, maka tidak ada pembeli pun kita merasa enjoy. Apalagi kalau ternyata bisnis yang dibangun itu ternyata jauh menghasilkan dibandingkan bisnis / pekerjaan yang kita jalankan. enak tenan….

Ini yang perlu kita pahami bersama. Posisi masing-masing orang tentu berbeda. Ada yang masih harus bergulat untuk mengepulkan dapurnya. Di posisi lain ada orang-orang yang memiliki dana lebih sehingga ingin mencoba sesuatu yang baru.

Kalau begitu bagaimana ya?
So saya pilih saja : my passion is cashflow!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s