Jangan Delegasikan Bisnis Anda!

delegasi pekerjaan dalam UKM

Dalam membangun bisnis anda harus menguasai sepenuhnya. Anda harus mengambil kontrol tertinggi dalam bisnis anda.

Apakah seperti itu?

Tentu di sini tidak ada yang benar dan salah, karena anda sebagai pemilik bisnis jauh lebih tahu. trus kenapa judulnya jangan delegasikan bisnis anda? ya biar menarik saja.Apakah kita harus merangkap dari komisaris, direktur, manajer, teknisi, kurir, sampai OB?
Ya. Kan namanya aja CEO alias Chief Everything Officer hehehehe

OK, dalam bukunya delivery happiness. ditulis kata-kata penting untuk mengenali apa core competence di bisnis anda. Apakah di produksi, desain, pemasaran, distribusi, network, finance? Ini sangat krusial. Misal bisnis kita saat ini memiliki kekuatan di produksi, biarlah orang lain yang mengurus pemasarannya. Atau dalam skala kecil, kita fokus di produksi dan merekrut orang lain untuk menjalankan pemasarannya.

Zappos, salam satu retail online menyadari core kompetensi adalah dalam melayani pelanggan. Sehingga masalah distribusi, kecepatan delivery, harus dia kuasai penuh.

Nah apa core competence dari bisnis kita?
Tentu kita sendiri yang tahu.

6 Langkah sukses delegasi dari Mitchell York

Delegasi dalam bisnis

– Putuskan pekerjaan apa yang anda tidak perlu kerjakan
Setelah menentukan apa kompetensi bisnis anda, anda harus menggengam erat-erat! Mau fokus dimana? desain, produksi, atau cukup di pemasarannya saja? anda yang tentukan

– Buat daftar pekerjaan yang dapat didelegasikan lengkap beserta targetnya
Disini mulailah membuat daftar, misal yang mau didelegasikan adalah administrasi dan pencatatan. Maka kita bisa rekrut karyawan yang sesuai. Misal dari SMK pembukuan. Misal pekerjaan untuk optimasi web dengan SEO, silahkan cari konsultan SEO. Ingat selalu berikan tugas beserta dengan targetnya. Tujuannya agar yang didelegasikan juga dapat mengetahui sejauh mana dia harus mengerjakan tugasnya.

– Putuskan siapa yang akan mengerjakannya
Pilih merekrut karyawan, atau mau cari part time, atau diberikan pada professional? tentu tergantung budget anda. Misal untuk pemasaran kita bisa saja rekrut professional yang siap membantu bisnis kita dengan pengalamannya di industri sejenis.

– Lakukan pelatihan
Dalam mendelegasikan utamanya kepada karyawan, seringkali akan dikecewakan karena tidak sesuai dengan harapan kita. Hindari untuk mengambil kembali peran pekerjaan tersebut. Berikan pelatihan, buat sistem dan SOP. Jika perlu undang pelatih / trainer untuk membantu bisnis kita lebih maju.

– Monitoring
Miliki sistem monitoring. misalnya untuk tim marketing berapa kali harus menghubungi calon pembeli, atau berapa banyak calon pembeli yang dia dapat dalam seminggu. Atau kalau di produksi berapa pcs produk yang bisa dia hasilkan dalam satu bulan

– Review secara rutin
Pastikan komunikasi dan evaluasi dilakukan secara rutin. Ambil kesempatan berdiskusi dan sharing untuk membuat bisnis kita jauh lebih maju

Okay waktunya take action 6 langkah diatas. Semoga dapat membantu bisnis kita semakin besar dan maju.
Jika temen-temen ingin berlangganan artikel keren dan riil pengalaman, silahkan masukkan saja email di bagian berlangganan.

sampai jumpa di artikel berikutnya….

5 pemikiran pada “Jangan Delegasikan Bisnis Anda!

  1. Mantap Pak Annas tulisannya. Saya juga dulu merangkap-rangkap berbagai macam bidang, namun seiring bertambahnya SDM kemudian bisa didelegasikan yang akhirnya sekarang jadi komisaris. kalau saya memang merasakan yang paling berat membangun bisnis itu di SDM pak, hehe..

    1. thanks komen-nya…
      mencari kompetensi juga bukan hal mudah.
      kompetensi pribadi – kompetensi perusahaan….

      sukses buat mas ary.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s