Pensiun dan Memilih Menjadi Wirausaha

Seminggu yang lalu saya mendapat kesempatan sharing bersama calon pensiunan dan pemda depok. Ini merupakan pengalaman pertama saya sharing di depan bapak-ibu atau tepatnya kakek-nenek. Lho? iya, karena beliau ini rata-rata sudah memiliki cucu,…..

Pada awalnya saya tidak cukup percaya diri, lha secara umur jauh banget! Kalau terlalu sok tahu juga kurang sopan, umurnya aja mungkin baru separo bapak-ibu. Akhirnya saya lebih memilih untuk lebih banyak sharing saja, saling diskusi dan tukar pikiran.

Dihadapan sekitar 25-30 an orang calon pensiunan tersebut sekitar separonya adalah guru. Tema yang saya angkat lebih ringan saja. Tentang pilihan setelah pensiun. Ini sangat menantang, karena pilihan calon pensiunan memang beraneka ragam. Seringkali mereka hanya ingin di rumah saja. Ada yang ingin pulang kampung. Ada yang mau jadi guru lagi di sekolah swasta. Saya pribadi lebih menekankan pentingnya kita memiliki cita-cita di masa pensiun, dan menambahkannya lebih mulia. Persis ilmunya guru saya, pak Jamil Azzaini.

Menjadi pengusaha di masa pensiun memang bisa menjadi alternatif menarik. Selain mendapatkan penghasilan, bisa saling berbagi, dan banyak lagi alasan lainnya, tapi sebagai seorang entrepreneur membutuhkan fisik dan waktu yang cukup panjang. Ini yang perlu menjadi pertimbangan. Sehingga mempersiapkan pensiun sejak dini memang jauh lebih baik.

Berikut presentasi di event pensiun dan menjadi pengusaha dengan tema 7 Enaknya jadi pengusaha.

Ada juga presentasi lain tentang persiapan pensiun yang bisa disimak di :
http://www.slideshare.net/annasahmad1/materi-persiapan-pensiun

Tinggalkan Balasan

