Presentasi markplus conference 2013

Wow… saya menulis artikel tentang markplus conference ini sekitar 370 hari yang lalu. Tentang insight event marketing besar Indonesia ini khususnya dampaknya ke bisnis mikro dan UKM. simak link-nya di :
https://annasahmad.wordpress.com/2011/12/17/insight-markplus-conference-2012/

Alhamdulillah saya kembali hadir di event Markplus Conference 2013 ini dan mendapat banyak inspirasi baru dan ide pengembangan bisnis di masa mendatang. Secara sederhana potensi pasar Indonesia semakin kuat didukung oleh 3 Pasar utama :

  • Woman
  • Youth
  • Netizen

Jika kita memiliki bisnis memang sebisa mungkin diarahkan menuju 3 pasar tersebut.

Di sesi presentasi utama, pak hermawan memberikan 13 jurus yang perlu dikuasai untuk dapat berkembang di tahun 2013, yaitu :

markplus conference 2013

Apa saja 13 jurus tersebut ?

#1 Connectivity
ya brand / bisnis / produk kita harus dapat menjadi jembatan antara konsumen, produsen, bahkan kompetitor
Jadilah agen perubahan. Bapak Dino pati jalal melakukannya dengan membangun komunitas keturunan Indonesia di US

#2 Community
bangunlah komunitas.
berbagilah dengan banyak orang.
tentu kanal online adalah teknik membangun komunitas yang sangat powerfull
Jika tidak memiliki kemampuan membangun komunitas sendiri, masuklah di channel komunitas yang sudah eksisi. Di kaskus contohnya.

#3 Confirmation
Sebagai brand, kita harus mengkonfirmasikan tidakana, kata-kata kita dalam tindakan nyata. Contohnya bagaimana jokowi sebagai brand juga menunjukkan sikapnya di lapangan, blusukan kampung-kampung. merakyat. Vertikal ke horisontal

#4 Clarification
Orang sudah tidak suka lagi dengan hanya slogan-slogan. Harus ada buktinya. harus ada tindakan nyatanya. Buatlah event sebagai klarifikasi dari posisi yang sudah ditentukan di awal

#5 Codification
jadilah brand yang sebenarnya dan berbeda dengan brand lain.
apa yang menjadi roh / DNA di bisnis anda?
pastikan konsumen mengetahuinya juga

#6 Co Creation
Berikan kesempatan pada pelanggan kita, untuk menciptakan produk secara bersama-sama. Berikan kebanggaan pada konsumen menjadi bagian dari kita / brand / produk

#7 Currency
harga yang dibayar adalah nilai tukar.
berapa sebenarnya value yang diberikan produk / brand kita
berapa nilai tukar yang wajar
apakah konsumen merasa mendapatkan harga yang fair?

#8 Communial Activation
buatlah kegiatan yang relevan dengan komunitas yang sesuai. buat kegiatan bersama dan tunjukkan apa yang anda miliki. dan tentunya apa benefit bagi pelanggan kita

#9 Conversation
Alias ngobrol. exist di social media dengan metode horisontal. Social media membuat level brand setara dangan pelanggannya. Ajak mereka ngobrol. dengarkan keluhannya, berempatilah, bantulah pelanggan menyelesaikan masalahnya.

#10 Commercialization
berikan ruang bagi pelanggan untuk bisa saling berinteraksi. 7eleven memberikan ruang yang nyaman bagi pelanggannya. Tunjukkan anda memang brand yang baik hati

#11 Character
Apa karakter dari brand kita?
apa yang akan kita berikan pada pelanggan kita?
milikilah karakter agar tidak menjadi komoditas

#12 Care
Pelayanan anda tidak cukup
pelanggan menuntut perhatian lebih dari kita.
ayo manjakan pelanggan kita

#13 Collaboration
Jangan melalukan sendirian.
Berkolaborasi dan bekerjasamalah dengan pihak lain untuk memberikan nilai tambah kepada konsumen.

dengan memberikan 13 teknik tersebut tentu, pelanggan akan semakin sayang dan cinta😀

dapatkan juga presentasinya di : https://www.facebook.com/BisnisOnlineIsFun

Satu pemikiran pada “Presentasi markplus conference 2013

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s