Tentang Tony Fernandes dan Air Asia

Dulu sebelum tahu Tony Fernandes, saya lebih dulu kenal dengan air asia. Penerbangan yang dianggap “murah” tapi tidak murahan. Saya beberapa kali terbang pakai air asia. Penerbangan minimal, bahkan air kemasan dalam gelas pun tidak diberi🙂

Air asia lama-lama makin terkenal, penerbangan internasional singapore dan malaysia saya 2 tahun terakhir juga menggunakan air asia. Lama-lama tertarik juga kenal dengan CEO-nya. Ya namanya Tony Fernandes. Bayangan dari namanya adalah orangnya keren, gaya, cool. Tapi waktu ketemu beliau di salah satu event ternyata bayangan saya berubah total. coba lihat penampakan tony fernandes sesungguhnya :

tony fernandes
tony fernandes

Ternyata orangnya sederhana dan biasa saja, tetapi sukses besar menggiring air asia sebagai penerbangan regional yang besar di asia. Ada 3 poin yang menarik dari tony fernandes dan bisnisnya. yuk dikupas satu persatu :

1. Aset terbesar di perusahaan Anda adalah “The People”
Kita harus memiliki orang-orang terbaik yang dapat tumbuh bersama-sama dengan perusahaan Anda. Merekrut adalah hal yang penting. Ingat latar belakang pendidikan tidak-lah berarti menjamin passion dan dedikasi dalam bekerja. Kita memperlukan orang yang bersemangat, bergairah, bersedia untuk tumbuh, berani membuktikan diri. Itulah yang sebenarnya dibutuhkan oleh sebuah perusahaan, dipoles, dan dimotivasi untuk tumbuh bersama-sama.

2. Air Asia mulai dengan CEO dari background Music, dan modal kecil dengan biaya rendah.
Fokus awal bisnis adalah pada volume penjualan, bukan nilai kapitalisasi. Perusahaan raksasa atau perusahaan yang ada cenderung memandang rendah bisnis semacam ini. Salah satu dari keuntungan air asia, adalah perjuangan melalui proses dan membuktikan bisa unggul bahkan tanpa modal tinggi dan koneksi. Mengambil langkah dimana menurut orang lain hal tersebut mustahil dilakukan.

3. Dengan modal yang rendah, bagaimana mereka melakukan BRANDING?
Branding adalah salah satu aspek yang paling penting dalam sebuah perusahaan, tentu bersama dengan “The People”. Jadi kedua hal tersebut sangat terkait. CEO Air Asia pergi di mana-mana mengenakan topi kebanggaan mereka. Mereka berjalan kaki dari apartemen ke kantor dengan topi air asia mereka. Mereka menghadiri acara dengan Topi mereka. Topi dengan Merek Air Asia di atasnya. Mereka menghargai merek mereka. Lalu Air Asia mensponsori Manchester United dengan 7 pesawat. Tentu itu merupakan investasi, lalu bagaimana mereka akan mendapatkan keuntungan dari investasi merek? Dari sana, orang-orang mulai menyadari BRAND: Air Asia, mereka sekarang di sini, menjadi salah satu pilihan utama penerbangan murah di Asia.

Ternyata kunci air asia adalah : People, Efficient, dan Branding.
Good job mr Tony!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s