From CSR to Create Share Value

Pembelajaran TP Rachmat
Salah satu tema penting yang diangkat di buku Pembelajaran TP Rachmat yang menurut saya keren adalah tentang pergeseran dari gerakan CSR (Corporate Social Responsibility) Program yang ternyata tidak mendidik. Ya memang saat ini program CSR banyak seperti menghambur-hamburkan uang saja, dan secara perusahaan lebih di kemas untuk branding. Sesungguhnya edukasi yang peningkatan taraf ekonomi ternyata tidak bergulir. Sama halnya yang di sampaikan seorang dai di acara ramadhan bersama yatim bahwa seyogyanya acara tersebut tidak hanya berisi santunan, bagi-bagi baju baru, bagi-bagi angpau yang sifatnya jangka pendek.

Sehingga gerakan-gerakan CSR kini banyak bergerak ke arah CSV atau Create share value. Menciptakan nilai ekonomis bersama. Disatu sisi penerima program juga mendapatkan benefit secara financial sekaligus ilmu dan pengalaman bekerja. Di sisi lain perusahaan juga mendapat keuntungan untuk mendapatkan supply barang maupun bahan baku.

Perusahaan besar sebenarnya telah banyak menggunakan manfaat ini, karena selain bermanfaat secara ekonomi, kegiatan ini juga sarat akan nilai-nilai sosial. Salah satu contoh adalah perusahaan kosmetik di eropa yang bekerjasama dengan penduduk lokal di afrika. Perusahaan tersebut memberikan bibit tanaman yang dikolola dan ditanan oleh penduduk di afrika, dan hasilnya akan dikirimkan sesuai dengan perjanjian ke eropa.

Beberapa contoh lain dalam program CSV adalah pengelolahan sampah, pemberian makanan sehat, dan penanaman pohon yang dilakukan petani di jawa timur dan hasilnya di setor ke koperasi untuk diolah di salah satu perusahaan milik TP Rachmat.

Semoga ke depan gerakan-gerakan Creating Share Value ini terus berkembang di lebih memasyarakat. Dan saya sendiri yakin dari UKM pun bisa mulai menjalankan gerakan seperti ini. Karena konsep ini sangatlah dekat dengan budaya gotong-royong yang sangat kental di masyarakat Indonesia.

2 pemikiran pada “From CSR to Create Share Value

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s