Business Is About You

Beberapa bulan terakhir ini saya mendapat berkah banyak bertemu dengan teman-teman lama maupun baru yang berkecimpung dalam bisnis lebih serius dalam 3-5 tahun terakhir. Latar belakang mereka beraneka ragam. Mulai dari yang memang awalnya bisnis / dagang karena tidak mempu kuliah, ada juga yang lulus kuliah langsung bisnis sama teman-teman alumninya, ada juga yang kerena keterpaksaan setelah kuliah, lamar sana sini gak cocok akhirnya memilih berbisnis sendiri.

Bagi saya sendiri yang dulu pernah bekerja di perusahaan multinasional, berbisnis ternyata menemukan banyak insight baru. Dulu, ketika masih bekerja bisnis itu ibarat ban serep, bahkan bisa jadi turbo. Kita sudah punya pendapatan tetap, dan jika bisnis ikut moncer, hidup sangat menggelora. Sangat menantang.

Kondisi tersebut bagi beberapa orang cukup nyaman, tapi buat saya menggunakan waktu, fasilitas, dan fokus yang seharusnya kita lakukan membuat saya gelisah. Saya merasa dibayar, digaji, tetapi tidak bisa memberikan kemampuan saya secara totalitas. Walau sebenarnya rekan kerja maupun atasan tidak masalah, tapi buat saya hal itu tetap membuat tidak nyaman. Ada terbesit rasa bersalah.

Akhirnya saya memutuskan harus memilih masa depan. Ya hidup itu pilihan, dan berbisnis sendiri adalah pilihan yang saya ambil. Bisnis itu benar benar tentang diri kita. Bisnis adalah apa yang kita inginkan dan apa yang kita kerjakan.

Banyak ikut seminar motivasi, sering kali kita mendapatkan inspirasi baru. Tetapi seringkali semangat itu sangat temporer. Biasanya kalau pembicaranya jago, kita langsung ingin menjadi motivator / public speaker juga. Emosional.

Dalam bisnis kemampuan menjaga emosional ini sangat penting. Bagaimana kita dapat mengambil keputusan untuk jangka pendek, menengah, panjang dengan tenang. Emosional adalah energi yang sangat dahsyat. Tentu tiap orang punya caranya masing-masing mengelola emosi. Bagaimana dengan anda?

Satu pemikiran pada “Business Is About You

  1. Tulisan yang bagus mas annasahmad. Menurut saya tindakan mas annasahmad untuk tidak membagi fokus di waktu kerja untuk bisnis sambilan menunjukkan etika, integritas dan attitude yang baik dan sepertinya mas annasahmad juga menggunakan ketiganya sebagai modal dasar dalam berbisnis.

    Sukses!

Tinggalkan Balasan

