Experiencing Sosro

Alhamdulillah akhirnya kesampaian juga mengunjungi salah satu perusahaan lokal kebanggaan Indonesia “teh botol” Sosro. Bisa dibilang sosro adalah salah satu perusahaan asli Indonesia yang berhasil menciptakan produk luar biasa serta sukses juga membangun “corporate culture” yang ber-kelas Internasional. Saya rasa sosro secara culture tidak kalah dengan coca-cola lho!

Keterbukaan management sosro membangkitkan trust yang luar biasa dari konsumennya. Kita bisa datang, menikmati puluhan varian produk sosro, melihat atraksi di pabrik yang berkapasitas hingga 120.000 botol / jam / line adalah suatu experience yang luar biasa.

Think Outside The Box

Pernahkan anda terbayang di tahun 1969 akan minum teh dalam botol?

Dikala orang lain menyeduh dan menyajikannya hangat?

Inilah perjuangan dari keluarga Sosrodjojo dikala bisnis teh konvensionalnya sudah cukup maju di Slawi, memilih untuk hijrah ke jakarta dengan membawa konsep teh dalam botol! Mungkin ide-nya memang tidak 100% orisinal, karena saat itu “mencontek” minuman limun dalam kemasan. Terbukti di kemasan awal malah ditulis di labelnya “Teh Tjap Botol” – Soft Drink! -> cek di http://tukangfotoamatir.wordpress.com/2012/06/06/experiencing-sosro/

Tapi jelas inovasi ini membutuhkan perjuangan juga lho. Selain mungkin diremehkan, bisnis ini dianggap sepele dan tidak prospektif. Selain itu tingkat kerumitan, manajemen botol, kontrol kualitas di awal produksi jelas membutuhkan energi yang luar biasa. Di awal bisnis, teh dalam botol ini tidak bisa disimpan lebih dari 24 jam, Sehingga keluarga sosro harus mendistribusikan di pagi hari, dan sorenya harus keliling lagi untuk mengambil produk yang tidak laku!

Tidak Cepat Puas

Jangan lihat Pabrik Sosro hari ini, dimana produksi 100.000 botol per jam tidak membutuhkan karyawan lebih dari 10 orang. Di masa awal, pasti teknik manual menggunakan banyak tenaga kerja. Tentu investasi pabrik di tahun 1974 membutuhkan dana yang cukup besar. Tapi nampaknya bisnis hulu, di perkebunan teh memberikan pondasi yang cukup kuat bagi sosro untuk terus berinovasi dan mengembangkan pasar teh botol secara nasional.

Diawal berdirinya teh botol terlihat keluarga sosro sangat gigih dengan seringnya mengadakan tes / uji rasa teh. Sehingga kekuatan mengenali selera pasar sangatlah kental. Sosro lebih melihat bahwa pasarlah yang harus dilayani, sehingga yang mematok rasa jelas yang enak adalah lidah konsumen. Teknik uji rasa ini terus dikembangkan hingga hari ini, dan terbukti ada produk-produk tertentu yang akhirnya di hentikan karena segmen pasarnya terlalu kecil.

Nah, pasar seperti ini mungkin yang bisa dimanfaatkan pebisnis pemula atau UKM  ya…..😀

Branding yang kuat

Kekuatan berikutnya yang dimiliki sosro, selain teknologi produksinya adalah marketing. Sosro jelas perusahaan yang peduli dengan branding. Selain terus memperkuat produk teh botol sosro-nya sehingga menjadi brand yang “cash cow”, sosro terus mengembangkan perusahaan dalam produk teh inovasi seperti fruit tea, tebs, dan masuk ke produk juice dan air mineral dalam kemasan.

Kini dengan 8 brand yang diusung bisa jadi sosro menguasai lebih dari 90% pasar minuman teh, dan sekitar 50% pasar minuman siap saji. Harus diakui untuk teh dalam botol sendiri jelas sosro sulit digoyahkan. Apalagi dengan sistem distribusi yang telah kuat, manajemen botol, kompetitor akan sulit masuk di area yang sama. Mungkin peluang untuk minuman dalam kemasan sekali pakai akan jauh lebih seru!

Sosro juga rajin memperbaiki strategi promosi dan marketingnya. Dan kini mengusung juga slogan baru teh botol sosro “Asli Segarnya”. Saya pribadi sih melihat slogan lama “apapun makanannya, minumnya teh botol sosro” jauh lebih mengena. Tapi tentunya manajemen sosro melihat teh botol harus lebih dari sekedar pendamping makan, mungkin….

Customer Experiencing

Ini yang menarik dari program kunjungan sosro kali ini. Sosro sebagai perusahaan besar sudah sangat yakin perlu mendekatkan diri dengan konsumennya. Dengan melihat langsung proses produksinya, sosro memberikan suatu pengalaman bagi pelanggan teh botol sosro. Melihat secara langsung bagaimana teknology yang digunakan, higienisnya, proses yang advance, dan sebagai sarana promosi yang lebih murah dibanding TV ads misalnya.

Konsumen yang ragu tentang masalah pengawet, masalah kebersihan, dan lainnya dengan mudah dijawab oleh sosro dalam program kunjungan pabrik seperti ini. Management sosro nampaknya juga terus serius menggarap marketing communicationnya. Semoga dengan kekuatan ini paling tidak bisa menjadi salah satu brand indonesia yang juga berkibar di skala global.

Special thanks buat temen-temen TDA Depok yang mengijinkan saya ikut, utamanya mba Nia, dan tentu Pak Teguh yang memberikan jatah kursinya pada saya…. hehehehehe

Simak juga liputan fotonya di : http://tukangfotoamatir.wordpress.com/2012/06/06/experiencing-sosro/

Lalu bagaimana dengan bisnis kita?

Ayo kerja – kerja – kerja!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s