Kaizen : Perbaikan Berkesinambungan

Saya pernah ragu ketika diminta sharing dihadapan mahasiswa tentang kesuksesan, apa lagi kalau sesi-nya success story. Bagaimana pun hebatnya suatu perusahaan pasti ada saja cacatnya. Selalu ada saja sela untuk dilakukan perbaikan. Hingga kadang saya juga heran kalau ada pengusaha “pemula” yang mengaku bisnisnya sudah jalan, dan dia berhak jalan-jalan.

Dalam membangun bisnis kami selalu berusaha fokus dan serius dalam operasional. Kami juga bekerja keras dan memberikan energi terbaik kami untuk menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Dan tentu dalam operasional bisnis terbaikpun selalu ada ruang untuk melakukan perbaikan dalam segala aspek, sehingga artinya pekerjaan kita tidak akan pernah berhenti lho!

Ya, agar bisnis kita tetap dapat bersaing dalam kompetisi kita harus selalu melakukan perbaikan (istilah kerennya improvement) dan inovasi sehingga ada peningkatan bisnis berkesinambungan. Orang jepang suka mengatakan ini sebagai kaizen. Bagaimana kita bisa melayani konsumen dengan lebih baik, mengatur stock agar lebih efisien, bagaimana mengatur layout kerja agar pekerjaan bisa lebih cepat selesai, dan banyak hal baru lainnya yang membuat kita lebih baik. Tentu kadang kala suatu perubahan yang diperkirakan belum tentu lebih baik, nah disanalah kesempatan kita untuk belajar menjadi lebih baik.

Kata seorang sahabat : “We Must Never Settle for “GOOD Enough”, because good is the enemy of GREAT”

Tentu dalam bisnis kita harus selalu mampu meningkatkan standar yang tinggi dan konsisten untuk meningkatkan kemampuan lebih tinggi. Coba mari kita pertanyakan pada diri kita sendiri, apa yang bisa kita lakukan agar lebih effisien? Bagaimana perusahaan kita bisa bekerja lebih effektif? Bagaimana system stock dan logistik bisa lebih optimal?

salam kaizen!

Add Me! http://facebook.com/annasahmad

2 pemikiran pada “Kaizen : Perbaikan Berkesinambungan

  1. mas Ahmad, saya mau minta saran. Saya ingin mencari pendapatan sendiri, kira2 peluang usaha apa yang cocok dengan saya yang masih mahasiswa semester 4? terimakasih mas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s