Apa Budaya Perusahaan Anda?

Salah satu poin penting yang disampaikan CEO zappos adalah pentingnya corporate culture.

Apapun perusahaan anda, berapa lama anda sudah menjalani usaha, seberapa besar omzet bisnis, ternyata semuanya harus sebisa mungkin memiliki budaya perusahaan. Tentunya jika kita berharap bisnis besar, maka wajib kita membangun budaya perusahaan sedini mungkin.

Apa itu budaya perusahaan? siapa yang bertugas membuatnya?

Budaya perusahaan pada dasarnya adalah visi dan misi dari perusahaan sendiri. Bahkan bisa disebut budaya perusahaan adalah semacam roh dan jiwa dari sebuah organisasi. Tentu yang berkewajiban membuat dan menjaga budaya perusahaan adalah ownernya. Tentu dengan memiliki budaya perusahaan akan ditularkan kepada semua karyawan dan stakeholder-nya.

Your culture is your brand ~ tony h

Jaman dulu membangun merk bisa dimulai dari ruang meeting. Semua owner dan manager berkumpul memutuskan apa positioning dari merk mereka. Lalu mulai menyusun tag line, iklan yang digunakan, budget yang harus dikeluarkan. Konon dengan memiliki banyak uang cukup mudah untuk bisa membeli awareness dari sebuah merk.

Hari ini dunia telah berubah! Internet membuka semua. Jalur komunikasi vertikal berubah menjadi horisontal. Bukan lagi brand bicara pada customer. Tapi ini jamannya customer-to-customer. Suka atau tidak, perusahaan kini menjadi lebih transparan. Untuk tahu suatu perusahaan atau produk tinggal klik saja google.com, puluhan, ratusan informasi bisa didapat. Selain sebarannya, kecepatannya juga luar biasa. Dalam hitungan detik sebuah informasi bisa menyebar lewat jaringan facebook, twitter, maupun milis.

Belakangan ini banyak sekali yang berbicara tentang pentingnya brand. Salah satu tools yang sangat luar biasa untuk branding sebenarnya adalah corporate culture atau budaya perusahaan kita sendiri. Sejauh mana kita bisa membuat budaya perusahaan yang baik dan konsisten dalam melayani konsumen adalah branding yang sangat powerfull.

Ayo segera mulai hari ini!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s