Sesuap nasi lemak (2)

Ini adalah lanjutan dari catatan bagian pertama mihas 2012 yang bisa disimak juga di : https://annasahmad.wordpress.com/2012/04/08/sesuap-nasi-lemak-1-catatan-perjalanan-mihas-2012/

Ok. Sekarang mulai susun daftar agenda apa saja yang harus dipersiapkan menghadapi event mihas ya :

1. Paspor

Yang satu ini jelas wajib ya….
Tips membuat paspor silahkan cek di : https://annasahmad.wordpress.com/2010/08/05/tips-liburan-murah-ke-singapore-1/

2. Tiket Pesawat PP

Untuk tiket pesawat yang murah, bisa membandingkan dengan beberapa maskapai seperti air asia, batavia, maupun lion. Untuk mendapatkan harga tiket yang murah, usahakan booking paling tidak 7-8 minggu sebelum keberangkatan. Di tahun 2012 ini saya cukup mengeluarkan biaya tiket pesawat 600rb untuk tiket JKT – KL pulang pergi.

3. Surat Penawaran dan Surat Kontrak

Untuk urusan yang satu ini, memang ada baiknya kita sudah membuat suatu penawaran harga, dan usahakan dalam mata uang USD termasuk pertimbangkan juga biaya kirim produknya. Beberapa buyer juga sering meminta penawaran barang yang kira-kira cukup untuk masuk dalam 1 kontainer.

4. Buat daftar barang bawaan

Beberapa hal penting yang dibawa selain pakaian tentunya adalah sample produk, kartu nama, dan brosur. Jika memungkinkan bawa juga 1 album tentang kegiatan bisnis yang kita jalankan di Indonesia.

5. Siapkan Ringgit dan USD

Berapa sih yang dibutuhkan untuk hidup di Kuala Lumpur?
Untuk makan siapkan saja sekitar 10 ringgit tiap kali makan. Untuk biaya komunikasi dengan blackberry, SMS dan telpon lokal sekitar 4 Ringgit / hari. Untuk transport siapkan saja sekitar 15-20 ringgit sehari.

Sebagai cadangan anda dapat menganggarkan 10 USD / hari.

Oleh-oleh bagaimana? Hehehe kalau urusan ini tentu tergantuk kocek anda ya. Tapi untuk ukuran Kuala Lumpur harga yang satu ini tidak jauh berbeda dengan Jakarta

6. Hotel dan akomodasi selama event mihas

Beruntung sekali jika anda berangkat dengan undangan dari panitia Mantrade, karena mereka akan memberikan akomodasi hotel bintang 4, dan transportasi ke event gratis. Bahkan mereka juga menyediakan layanan antar-jemput ke bandara.

On Board

Kesempatan kali ini saya mendapat tiket murah dari air asia, yang pemberangkatan akan dimulai dari terminal 3 soekarno hatta. Wow, dan ternyata air asia hanyalah satu-satunya maskapai yang menggunakan terminal 3 secara keseluruhan untuk penerbangan domestik dan internasional-nya.

Untuk proses imigrasi saat ini sangat mudah sekali. Tidak perlu ada lagi pengechekan bebas fiskal dengan menunjukkan NPWP. Cukup antri di immigration line dan siap boarding.

LCCT

AirAsia adalah salah satu low cost carrier yang cukup baik memberikan flight experiences. Diawal masuk pesawat disuguhi lagu ringan dan asap AC mengepul. Seperti ingin pamer pesawat barunya. Dan diakhir penerbangan diberikan lagu lagi dengan ketukan ringan agar penumpang tidak terlalu bergojolak. Turun dari pesawat seluruh kru airasia menyambut “welcome to malaysia”. Totally great welcoming massage!

Satu pikiran saya sejenak sebelum mendarat di bandara LCCT Kuala Lumpur adalah kebun kelapa sawit dan bandara tua-nya. Sekilas dari luar bandara ini gak ada canggih-canggihnya. Bentuknya mirip bandara juanda jaman dulu. Dan saat ini memang hanya digunakan oleh airasia saja. Salah satu maskapai swasta malaysia yang didukung penuh oleh pemerintah malaysia untuk mendatangkan sebanyak-banyaknya turis ke malaysia.

Ditulisan berikutnya akan mulai masuk agenda mihas sesungguhnya.

https://annasahmad.wordpress.com/2012/04/09/sesuap-nasi-lemak-3/

3 pemikiran pada “Sesuap nasi lemak (2)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s