Sesuap Nasi Lemak (1) : Catatan perjalanan Mihas 2012

“One’s destination is never a place, but a new way of seeing things.” – Henry Miller

Travelling selalu membuka wawasan dan inspirasi baru. Menemukan dan bersahabat dengan orang yang belum pernah anda temui sebelumnya. Berbagi informasi dan saling membantu. Ini sesuatu yang sangat luar biasa!

Just beginning

Sebelumnya belum pernah terlintas dipikiran saya untuk ikut event mihas ini. Apa sih yang dicari? Sedangkan bisnis harus tetap berjalan dan diurus kan? Bagaimana dengan operasional harian di bisnis? Dan tentu masih dengan seribu pertanyaan menggantu di benak ini.

Tapi kesempatan ini haruslah dimanfaatkan. Tentu bukan perkara “gratis” yang utama, tetapi tentu kita berharap sesuatu yang jauh lebih besar dari itu kan. Awal April ini juga menjadi titik balik di bisnis export yang saya jalani, dan tentu bertemu dengan ratusan bahkan ribuan teman baru akan memberikan peluang network yang luar biasa.

Segeralah isi formulir yang sudah berulang kali dikirimkan panita maupun dari teman-teman komunitas Tangan Di Atas.

Sebenarnya traveling adalah kegiatan yang sangat saya senangi. Ketika mendapat kesempatan belajar di Singapore tahun 2001, juga saya manfaatkan traveling darat. Mulai dari Singapura – Johor baru – Kuala Lumpur – Ipoh – pulau penang – sampai Bangkok. So ini juga kesempatan saya untuk reuni kembali setelah 11 tahun yang lalu.

Preparation

Kabarnya Mihas tahun ini panitia akan lebih ketat menyeleksi peserta dibandingkan sebelumnya. Terbukti juga dari beberapa aplikasi yang masuk memang cukup ketat. Saya tidak punya data pasti berapa aplikasi yang masuk dan akhirnya disetujui, dan alhamdulillah tahun ini kami ikut berangkat dengan bendera ”Herba Bagoes”.

Tentu kesempatan ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Saya pribadi memilih kegiatan ini sebagai sarana untuk bisa mengenal pasar malaysia bahkan pasar global dengan lebih baik. Akhirnya saya pun mulai mencanangkan untuk dapat bertemu dengan partner potensial di kuala lumpur besok.

Segeralah bongkar-bongkar kartu nama, file calon-calon buyer dan rekanan yang sebelumnya pernah kontak via email maupun SMS, dan tentunya tidak lupa membuka alibaba.com sebagai pintu gerbang untuk masuk ke pasar internasional. Alhamdulillah terkumpul lebih dari 50-an kontak, dan tentunya harus disiapkan surat penawaran untuk bisa bertemu di sana.

Ternyata membuat suatu sales letter untuk bisa bertemu, berdiskusi, dan kesempatan memberikan sample produk bukanlah hal mudah lho. Sales letter tentu harus disiapkan sesempurnya mungkin. Saya pun memilih untuk membeli sebuah ebook bagaimana membuat sales letter, agar calon rekanan kita bersedia meluangkan waktunya untuk berdiskusi. Alhamdulillah tugas ini selesai kurang lebih satu minggu, dan dari 50an email yang dikirim ada sekitar 7 orang yang bersedia membalasnya. Dari 7 respon yang masuk, hanya ada 3 orang yang bersedia untuk bertemu dan saya berjanji untuk menyiapkan sample produk.

Bagaimana tips persiapannya? ok tulisan berikutnya silahkan di cek disini : https://annasahmad.wordpress.com/2012/04/08/sesuap-nasi-lemak-2/

3 pemikiran pada “Sesuap Nasi Lemak (1) : Catatan perjalanan Mihas 2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s